Bupati H. Yusuf Lubis, SH, M.Si Melantik Direktur PDAM Pasaman Periode 2020–2025

Bupati H. Yusuf Lubis, SH, M.Si Melantik Direktur PDAM Pasaman  Periode 2020–2025

KOMINFO, Pasaman --- Dalam rangka meningkatkan kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pasaman sebagai perusahaan daerah yang melakukan pelayanan dasar penyediaan air minum dan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Pasaman.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si ba’da melantik Direktur PDAM Kabupaten Pasaman terpilih periode 2020–2025 AHMAD SUBUR,ST, sekaligus menyampaikan sambutan dan arahan ba’da acara pelantikan itu.

Tampak hadir dalam acara itu, Ketua Dewan Pengawas PDAM Kabupaten Pasaman beserta anggota, Asisten, sejumlah Kepala-kepala OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Pasaman, Kepala Instansi vertikal/BUMN/BUMD/ Se Kabupaten Pasaman, Direktur PDAM Kabupaten Pasaman, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman, karyawan, sejumlah wartawan dari berbagai media cetak, online, dan elektronik, serta undangan lainnya.

Selanjutnya Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si menyampaikan sambutan sekaligus arahannya yang tertuang dalam satu naskah dan disampaikan Bupati H. Yusuf Lubis, SH, M.Si dalam acara itu.

Seraya berkata, “Hari ini telah diukir sejarah baru bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman khususnya dilingkungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang mana setelah melalui serangkaian proses seleksi oleh Tim Independen, hari ini telah dilantik sekaligus disumpah Direktur terpilih sebagai Direktur PDAM Kabupaten Pasaman periode 2020–2025.

Selanjutnya Bupati H. Yusuf Lubis menyampaikan, “Dan ini baru pertama kali dilakukan terhadap Perusahaan Daerah Kabupaten Pasaman sebagaimana halnya yang telah dilakukan terhadap pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) Pemerintah Daera Kabupaten Pasaman.

Dan Bupati H. Yusuf Lubis, SH, M.Si mengatakan dengan penuh rasa syukur bahwa proses yang semestinya dilaksanakan berdasarkan Permendagri Nomor 37 Tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian anggota dewan pengawas atau anggota komisaris dan anggota Direksi BUMD.

Dan pada kesempatan itu Bupati H. Yusuf Lubis juga mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman menaruh harapan besar kepada Direktur terpilih yang sudah dilantik untuk bekerja lebih baik lagi dalam rangka meningkatkan kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pasaman sebagai perusahaan daerah yang melakukan pelayanan dasar penyediaan air minum dan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Pasaman.

Bahkan dalam kesempatan itu Bupati H. Yusuf Lubis secara transparan menyampaikan, menurut laporan operasional layanan kepada masyarakat pelanggan yang kami terima dalam setiap tahunnya bahwa sampai saat ini, PDAM telah melayani sambungan aktif sebanyak lebih kurang 18.700 sambungan rumah dengan cakupan pelayanan sebesar 69,7% dari jumlah penduduk daerah pelayanan.

Juga berdasarkan laporan bahwa kondisi PDAM saat ini sesuai hasil audid keuangan tahunan yang dilakukan oleh akuntan pablik, serta audid kinerja oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang meliput aspek Sumber Daya Manusia (SDM) Alhamdulillah telah mendapat predikat “WTP” dengan kategori kinerja “sehat”.

Hasil audit tersebut juga menempatkan PDAM Kabupaten Pasaman berada pada peringkat ke dua jika dibandingkan dengan daerah lain, di Sumatra Barat. Namun demikian, hal tersebut tidak akan mengurangi motivasi dan keinginan kita untuk semakin lebih baik lagi kedepannya.

Masih banyak hal yang perlu dibenahi yakni “kualitas, kuantitas, dan kontinuitas (K3) pelayanan air kepada masyarakat, terutama penanganan gangguan pada saat curah hujan tinggi.

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan harapannya untuk kedepan dalam rangka mewujudkan k3 tersebut, seluruh stockholder terkait yaitu Pemerintah Daerah, pelanggan dan PDAM untuk saling bersinergi dan bekerja sama.

Bupati H. Yusuf Lubis menegaskan kepada internal perusahaan, “agar selalu menciptakan suasana yang kondusif dan saling bekerja sama dengan mengacu kepada tata kelola perusahaan yang baik dan bertanggung jawab serta menerapkan fungsi manajemen perencanaan, pengawasan, pelaksanaan, dan pengkoordinasian, sehingga pelayanan PDAM benar-benar dapat dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan perusahaan kedepan. Papar Yusuf Lubis.

Dengan setegas-tegasnya Bupati H. Yusuf Lubis menyampaikan dalam arahannya bahwa “PDAM kedepannya harus terbuka dalam menerima kritikan dan saran”, untuk menjadikan perusahaan ini lebih baik lagi dan lebih cepat tanggap terhadap situasi dan kondisi di lapangan, serta berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajiban sebagai pelanggan.

Bupati H. Yusuf Lubis juga sangat berkeyakinan dan percaya, dengan pelayanan yang baik, cepat tanggap dan bersahabat, akan meningkatkan kepedulian masyaraklat terhadap kemajuan perusahaan yang berimbas kepada tercapainya masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya.

Akhir sambutan Bupati H. Yusuf Lubis pada siang itu menyampaikan selamat bertugas kepada Direktur PDAM terpilih periode 2020-2025 AHMAD SUBUR, ST, semoga amanah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang di emban, serta senantiasa ridha Allah Swt.

Dan bahkan sebelum Bupati H. Yusuf Lubis menutup sambutannya pada kesempatan itu Bupati tidak lupa menyampaikan ucapan trimakasih dan apresiasi kepada panitia dan Tim seleksi yang telah berupaya maksimal melaksanakan rangkaian kegiatan seleksi dengan baik, terbuka, dan lancer.

Diakhir acara pelantikan Ahmad Subur, ST Sebagai Direktur PDAM Kabupaten Pasaman periode 2020-2025 diiringi dengan ucapan selamat yang dimulai oleh Bupati Yusuf Lubis serta foto bersama. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial