Bupati H. Yusuf Lubis. SH. M.Si Membuka Secara Resmi MTQ Nasional Ke-47 Kecamatan Bonjol

Bupati H. Yusuf Lubis. SH. M.Si  Membuka Secara Resmi MTQ Nasional  Ke-47 Kecamatan Bonjol Bupati H. Yusuf Lubis. SH. M.Si sedang menyampaikan sambutan dan penuh sanjungan atas kesiapan Panitia dalam mempersiapkan MTQ Ke-47 Tingkat Kecamatan Bonjol

Bonjol, PASAMANKAB.GO.ID --- Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. M.Si membuka secara resmi Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-47 Kecamatan Bonjol.

Dalam sambutan Bupati Pasaman menyampaikan, “Kegiatan Musyabaqah Tilawatil Qur’an adalah usaha kita untuk mensyiarkan agama islam yang kita cintai.

Dan membaca al-qur’an dalam musyabaqah ini tidak saja indah untuk dibaca dan di dengar, akan tetapi lebih dari itu, al-qur’an diharapkan dapat menjadi cahaya, petunjuk, dan rahmad.

Dari pantauan secara langsung Jurnalis Diskominfo Pasaman, tampak hadir dalan pembukaan acara MTQ itu, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Sabar AS, Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Syofyan. S.Pd, Hendri, Sejumlah Kepala OPD atau mewakili, Ketua Baznas Pasaman Ustad H. Syafriazal, Sf.S.Ag, SIQ, M.MPd. MA, Camat Kecamatan Bonjol MAYONIS. S.Pd beserta Forkopimca Kecamatan Bonjol, Wali Nagari Se Kecamatan Bonjol, Ninik Mamak, Alim Ulama, seluruh kontingen dari berbagai Nagari Se Kecamatan Bonjol, serta undangan lainnya, di Nagari Limo Koto Bonjol, Ahad (01 Muharram 1441 H/01/09/2019).

Disamping untuk menambah pengetahuan dalam memahami isi kandungan al-qur’an, juga diharapkan dapat membangun sikap mental/prilaku dan spritual umat islam. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah Kabupaten Pasaman yaitu; “Mewujudkan masyarakat Kabupaten Pasaman yang Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya”, yang ditopang dengan moto; Disiplin, Tertib, Berbunga, Konsisten, dan Ikhlas.

MTQ yang kita selenggarakan mulai dari tingkat Nagari, tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten sampai pada tingkat Provinsi Sumatera Barat, adalah untuk melestarikan al-qur’an di atas muka bumi ini, serta untuk melihat dan menguji sejauh mana kemampuan anak-anak kita mempelajari, memahami dan mengamalkan ayat-ayat al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari, baik secara pribadi maupun secara bermasyarakat.

Pemerintah akan terus memberikan perhatian terhadap program dan kegiatan untuk kegiatan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta peningkatan pengamalan ajaran agama islam. Seperti kegiatan pembinaan anak-anak dalam santri pondok al-qur’an, dan pondok tahfiz, serta kegiatan keagamaan lainnya.

Karena kita berkeyakinan bahwa dengan cara inilah akan mendapatkan ridha Allah Swt, sehingga visi pemerintah daerah Kabupaten Pasaman dapat terwujud.

Pada kesempatan itu juga Bupati Pasaman menyampaikan untuk selalu optimis, tidak boleh pesimis dan terus bekerja keras untuk meningkatkan prestasi Kabupaten Pasaman pada setiap iven kegiatan nasional seperti kegiatan MTQ ini. Inshaa Allah prestasi Kabupaten Pasaman akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Lantunan kalam ilahi selama pelaksanaan MTQ ini, diharapkan akan mampu menciptakan suasana akan kesejukan bathin, ketentraman jiwa, dan kedamaian ditengah masyarakat Kecamatan Bonjol.

Kepada Camat, Ketua LPTQ, dan Panitia Pelaksana Bupati Pasaman mengucapkan Selamat dan terimakasih atas terselenggaranya MTQ ke-47 tingkat Kecamatan Bonjol yang cukup meriah, dan bahkan termeriah dalam MTQ tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Pasaman pada tahun 2019 ini, dan Bupati Pasaman juga berharap, semoga pelaksanaannya dapat berjalan dengan tertib, lancar dan sukses serta dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti MTQ Nasional Ke-47 Tingkat Kabupaten Pasaman yang akan dilaksanakan pada bulan november 2019 yang akan datang.

Kepada segenap kafilah MTQ Bupati Pasaman mengucapkan selamat bermusyabaqah, dan kepada dewan hakim beserta panitera Bupati juga berharap, “untuk dapat melaksanakan tugas dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, kejujuran dan keadilan.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pasaman yang di wakili oleh HASYYUNIL. S.Ag menyampaikan; “Atas nama kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, kami mengapresiasi, mendukung sepenuhnya dan mengucapkan terimakasih kepada Kepala KUA Kecamatan Bonjol, Pemerintah Kecamatan, Panitia Serta para tokoh agama, dan masyarakat Kecamatan Bonjol yang telah mampu menggelar MTQ Nasional Ke-47 Tingkat Kecamatan Bonjol yang cukup meriah dan bersahaja ini, semoga Allah Swt meridhai dan kegiatan ini dapat berjalan sukses sekaligus menghasilkan apa yang dapat diharapkan.

Kementerian Agama selaku instansi Pemerintah bertanggungjawab dalam melahirkan masyarakat dan generasi qur’ani. Ini terlihat dalam visi Kementerian agama Kabupaten Pasaman, dimana visi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman itu adalah; “Mewujudkan masyarakat yang taat beragama, rukun, cerdas, sejahtera lahir dan bathin. Dan salah satu misinya meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama.

Kemenag Kabupaten Pasaman menegaskan, “MTQ jangan hanya dijadikan wahana bermusyabaqah yang melantunkan qalam-qalam Ilahi, berkompetisi, dan mengekspresikan jiwa seni, namun yang terpenting pula hendaknya dijadikan sebagai ajang regenerasi.

Regenerasi itu tidak hanya tentang bagaimana cara membaca al-qur’an, tetapi bagaimana cara memahami kandungan al-qur’an dan menginplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Pelaksana MTQ Nasional Ke-47 Tingkat Kecamatan Bonjol menyampaikan dalam sambutannya, “MTQ Nasional Ke-47 Tingkat Kecamatan Bonjol itu diselenggarakan di Nagari Limo Koto, waktu pelaksanaan Ahad 1 Muharram 1441 H/01 September 2019, dengan jumlah cabang-cabang yang dilombakan sebanyak 6 cabang.

  1. Cabang Tilawah
  2. Cabang Tartil
  3. Cabang Tahfiz 1 Jus
  4. Cabang Fahmil Qur’an
  5. Cabang Syahril Qur’an
  6. Cabang Khutbah Jum’at dan Azan

Di akhir sambutan Bupati H. Yusuf Lubis. SH. M.Si, secara resmi membuka MTQ Nasional Ke-47 Tingkat Kecamatan Bonjol dengan membacakan Basmallah, yang di akhiri dengan Beduk bersama Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pasaman Uztad H. Syafrizal, Sf, S.Ag, SIQ, M.MPd, MA. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial