Bupati H. Yusuf Lubis, SH, M.Si Menutup Tahfizh Al-Qur’an Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2019

Bupati H. Yusuf Lubis, SH, M.Si Menutup Tahfizh Al-Qur’an Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2019

KOMINFO, Pasaman --- Dalam rangka meningkatkan pemahaman semua pihak terkait upaya pencapaian melek huruf Al-qur’an anak usia sekolah melalui hafalan al-qur’an pada semua satuan pendidikan di Kabupaten Pasaman.

Dan mempublikasikan hasil evaluasi terkait upaya peningkatan penguatan Karakter Agamis melalui kegiatan Tahfizh Al-Qur’an di semua satuan pendidikan Kabupaten pasaman, sekaligus meningkatkan motivasi, syiar dan ukhuwah islamiah terhadap semua pihak agar selalu menghafal dan mengimplementasikan makna kandungan al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si dengan penuh kebahagiaan dan bangga dalam sambutannya menyampaikan, eksistensi dan konsistensi terhadap gerakan pembumian al-qur’an di Kabupaten Pasaman yang sudah dicanangkan sejak dua tahun yang lalu, kembali hari ini ditunjukkan.

Bupati H. Yusuf Lubis menyampaikan harapannya, semoga kegiatan gebyar ini mampu menjadi ajang evaluasi sekaligus motivasi bagi kita bersama untuk tetap menjadikan kegiatan tahfizh al-qur’an sebagai kegiatan rutin di sekolah dan madrasah.

Dari pantauan jurnalis Kominfo Pasaman secara langsung, Tampak hadir dalam acara itu, Forkopimda Pasaman atau yang mewakili, Staf ahli, Asisten, beberapa orang kepala OPD, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Se-Kabupaten Pasaman, Kankemenag Pasaman atau yang mewakili, Kepala BAZNAS Pasaman, Dewan Pendidikan Pasaman, Para pengawas sekolah, Kepala-kepala Sekolah Se-Pasaman, Peserta hafizh/hafizah beserta orang tuanya, sejumlah wartawan dan undangan lainnya, di Gedung Olah Raga (GOR) Tuanku Rao Lubuk Sikaping, Selasa (03/12/2019).

Selanjutnya Bupati H. Yusuf Lubis mengatakan, gerakan penguatan pendidikan karakter melalui gerakan menghafal al-qur’an secara masif bagi pelajar Kabupaten Pasaman, menjadi semakin diprioritaskan karena berbagai persoalan yang mengancam keutuhan dan masa depan generasi muda kita saat ini.

Selanjutnya Bupati H. Yusuf Lubis juga menyampaikan dalam forum itu, semangat untuk membaca dan menghayati kalam illahi serta mendalami isi dan mengamalkan ajaran al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari jangan hanya tumbuh dan layu untuk semusim. Hal ini seharusnya dipandang sebagai kebutuhan bagi setiap diri pribadi kita.

Bupati H. Yusuf Lubis juga mengutarakan harapannya, agar penyelenggaraan gebyar tahfizh qur’an itu dapat menambah wawasan, penghayatan, dan cinta kita terhadap al-qur’an. Pelaksanaan gebyar sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi al-qur’an.

Selanjutnya kepada hafiz/hafizah yang meraih peringkat, Bupati H. Yusuf Lubis menyampaikan ucapan “selamat dan semoga prestasi ini bisa ditingkatkan atau dipertahankan.

Teruslah berlatih untuk mempersiapkan diri mengharumkan nama Kabupaten Pasaman, dan bagi yang belum berhasil, Bupati sangat berharap tidak berkecil hati, dan tetap semangat memacu diri untuk berprestasi di kesempatan yang akan datang.

Dan pada kesempatan yang sangat bahagia itu Bupati H. Yusuf Lubis mengucapkan trimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajarannya, sekaligus mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para Kepala sekolah serta guru yang telah peduli terhadap gerakan Tahfizh al-qur’an di ranah Pasaman.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Ali Yusri, M.Pd menyampaikan dalam laporan kepanitiaan Gebyar Tahfizh Qur’an Tahun 2019 yang diselenggarakan pada hari ini;

  • Jumlah peserta didik sekolah dan madrasah Kabupaten Pasaman tahun 2019 dari TK, RA, SD, MI, SMP dan MTs yang mengikuti program ini secara rutin adalah 8.020 siswa, dari 401 sekolah dan madrasah sasaran.
  • Jumlah siswa yang telah hafizh 1 jus yaitu SD 544 orang, MI 14 orang, SMP 15 orang, dan MTs 21 orang, semuanya berjumlah 1.093 orang.
  • Jumlah siswa yang telah hafizh 2 jus; SD 47 orang, MI 4 orang, SMP 15 orang, dan MTs 21 orang. Dan semuanya berjumlah 87 orang.
  • Hasil evaluasi juga tercatat, terdapat 6 orang siswa yang telah hafizh lebih dari 2 juz.

Dalam kesempatan itu Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis bersama Forkopimda Pasaman atau yang mewakili menyerahkan sertifikat dan uang pembinaan kepada mereka pemenang atau penghafal paling banyak juznya serta memberikan penghargaan juga kepada quru pembina tahfizh qur’an.

Acara gebyar tahfizh qur’an ini juga diiringi oleh beberapa selingan diantaranya, penampilan anak PAUD Lubuk Sikaping, penampilan rebana siswa SDN 06 Padang Sawah Kecamatan Tigo Nagari, Penampilan rebana/qasidah dari Kecamatan Rao.

Perolehan juara umum dalam lomba tahfizh qur’an pada tahun 2019 ini adalah dari Kecamatan Rao, serta acara terakhir dalam gebyar tahfizh qur’an ini adalah Bupati H. Yusuf Lubis berfoto bersama para pemenang lomba, juga dengan panitia dengan penuh kegembiraan. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial