Bupati H. Yusuf Lubis, SH. M.Si Secara Resmi Membuka MTQ Nasional Ke-XIII Tingkat Kecamatan Mapattunggul

Bupati H. Yusuf Lubis, SH. M.Si Secara Resmi Membuka MTQ Nasional Ke-XIII  Tingkat Kecamatan Mapattunggul

Mapattunggul, radarbangsa.co.id --- Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. M.Si membuka secara resmi Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-13 Kecamatan Mapattunggul.

Dalam sambutan Bupati Pasaman menyampaikan, “Kegiatan Musyabaqah Tilawatil Qur’an adalah usaha kita untuk mensyiarkan agama islam yang kita cintai. Dan membaca al-qur’an dalam musyabaqah ini tidak saja indah untuk dibaca dan di dengar, akan tetapi lebih dari itu, al-qur’an diharapkan dapat menjadi cahaya, petunjuk, dan rahmad.

Tampak hadir dalan pembukaan acara MTQ itu, Anggota DPRD Pasaman Yulisman, AMa, Sejumlah Kepala OPD, Ketua Baznas Pasaman Ustad H. Syafriazal, Sf.S.Ag, SIQ, M.MPd. MA, Kepala OPD, Sekretaris Camat bersama Forkopimca Mapattunggul, Wali Nagari Se Kecamatan Mapattunggul, Ninik Mamak, Alim Ulama, seluruh kontingen dari berbagai Nagari Se Kecamatan Mapattunggul, di Jorong Koto Sawah Nagari Pintu Padang, Kamis (29/08/2019).

Disamping untuk menambah pengetahuan dalam memahami isi kandungan al-qur’an, juga diharapkan dapat membangun sikap mental/prilaku dan spritual umat islam. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah Kabupaten Pasaman yaitu; “Mewujudkan masyarakat Kabupaten Pasaman yang Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya”, yang ditopang dengan moto; Disiplin, Tertib, Berbunga, Konsisten, dan Ikhlas.

MTQ yang kita selenggarakan mulai dari tingkat Nagari, tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten sampai pada tingkat Provinsi Sumatera Barat, adalah untuk melestarikan al-qur’an di atas muka bumi ini, serta untuk melihat dan menguji sejauh mana kemampuan anak-anak kita mempelajari, memahami dan mengamalkan ayat-ayat al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari, baik secara pribadi maupun secara bermasyarakat.

Pemerintah akan terus memberikan perhatian terhadap program dan kegiatan untuk kegiatan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta peningkatan pengamalan ajaran agama islam. Seperti kegiatan pembinaan anak-anak dalam santri pondok al-qur’an, dan pondok tahfiz, serta kegiatan keagamaan lainnya.

Karena kita berkeyakinan bahwa dengan cara inilah akan mendapatkan ridha Allah Swt, sehingga visi pemerintah daerah Kabupaten Pasaman dapat terwujud.

Pada kesempatan itu juga Bupati Pasaman menyampaikan untuk selalu optimis, tidak boleh pesimis dan terus bekerja keras untuk meningkatkan prestasi Kabupaten Pasaman pada setiap iven kegiatan nasional seperti kegiatan MTQ ini. Inshaa Allah prestasi Kabupaten Pasaman akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Lantunan kalam ilahi selama pelaksanaan MTQ ini, diharapkan akan mampu menciptakan suasana akan kesejukan bathin, ketentraman jiwa, dan kedamaian ditengah masyarakat Kecamatan Mapattunggul.

Kepada Camat, Ketua LPTQ, dan Panitia Pelaksana Bupati Pasaman mengucapkan Selamat dan terimakasih atas terselenggaranya MTQ ke-13 tingkat Kecamatan Mapattunggul, dan Bupati Pasaman juga berharap, semoga pelaksanaannya dapat berjalan dengan tertib, lancar dan sukses serta dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti MTQ Nasional Ke-47 Tingkat Kabupaten Pasaman yang akan dilaksanakan pada bulan november 2019 yang akan datang.

Kepada segenap kafilah MTQ Bupati Pasaman mengucapkan selamat bermusyabaqah, dan kepada dewan hakim beserta panitera bupati juga berharap, “untuk dapat melaksanakan tugas dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, kejujuran dan keadilan.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pasaman H. EDI WANDRA. S.Ag. MA menyampaikan; “MTQ ini Pemerintah Daerah telah memberikan perhatian yang serius terhadap pengamalan ajaran agama Islam, dengan menyediakan anggaran yang cukup untuk pembinaan guru pendidikan Agama Islam, pembinaan terhadap pengelolaan Masjid, pelaksanaan didikan subuh, pondok al-Qur’an dan penggantian traspor untuk guru mengaji TPQ/TPSQ/MDA”.

“MTQ ini dilaksanakan untuk ajang evaluasi, sejauh mana persiapan -persiapan kita, pembinaan-pembinaan terhadap generasi kita dalam menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an sehingga terwujudnya generasi qur’ani dalam kehidupan kita.

Ketua Pelaksana MTQ Nasional Ke-13 Tingkat Kecamatan Mapattunggul menyampaikan dalam sambutannya, “MTQ Nasional Ke-13 Tingkat Kecamatan Mapattunggul itu diselenggarakan di Jorong Koto Sawah Nagari Pintu Padang, waktu pelaksanaan kamis-jum’at 28-29 Dzulhijjah 1440 H/29-30 Agustus 2019, dengan jumlah cabang-cabang yang dilombakan sebanyak 7 cabang.

  1. Cabang Tilawah
  2. Cabang Tartil
  3. Cabang Tahfiz
  4. Cabang Fahmil Qur’an
  5. Cabang Syahril Qur’an
  6. Cabang Khutbah Jum’at dan Azan
  7. Cabang Bintang Qasidah.

Di akhir sambutan Bupati Pasaman, secara resmi membuka MTQ Nasional Ke-13 Tingkat Kecamatan Mapattunggul dengan membacakan Basmallah, yang di akhiri dengan pemukulan gong. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial