BUPATI PASAMAN BERSAMA SABAR AS BUKA PESANTREN KILAT RAMADHAN DI MASJID AL-IKHLAS DURIAN KADAP II SABA BALIK

BUPATI PASAMAN BERSAMA SABAR AS BUKA PESANTREN KILAT RAMADHAN DI MASJID AL-IKHLAS DURIAN KADAP II SABA BALIK

PASAMANKAB.GO.ID, Pasaman --- Bupati Pasaman secara langsung membuka acara pesantren kilat ramadhan 1439 H yang di wakili oleh Kepala Bagian Kesra Sekretariat Bupati Pasaman (Kabag Kesra) Edi Erman. S.Ag, MA dengan penuh khitmad dan antusias peserta yang di dampingi para wali murid.

Bupati Pasaman dalam acara pembukaan itu mengatakan bahwa Pesantren Kilat pada Ramadhan tahun 1439 H ini baru Pemuda/i Durian Kadap II Saba Balik perdana mengadakan di Kabupaten Pasaman.

Ia juga berharap dengan adanya pelatihan-pelatihan seperti pesantren ramadhan ini dapat memberikan input yang luar biasa bagi generasi Pasaman secara khusus masyarakat Jorong Durian Kadap. Pintanya

Dari pantauan jurnalistik PASAMANKAB.GO.ID saat pembukaan acara pesantren kilat itu tampak berhadir, Kabag Kesra Setda Pasaman Edi Erman. S.Ag, MA, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Demokrat Sabar AS, Kapolsek Panti bersama Bhimkamtibmas, Kepala Jorong Durian Kadap, Tokoh-tokoh masyarakat Durian Kadap II Saba Balik, Aek Tolong, Durian Kadap I, serta para wali murid peserta pesantren ramadhan 1439 H.

Bahkan ia juga mengatakan bahwa, pesantren ramadhan ini sangat besar sekali manfaatnya terutama sekali dalam pembinaan mental, akhlak, aqidah, dan serta ibadah dari santri itu sendiri.

Lagipula pesantren ramadhan ini dapat membentengi generasi kita dari penyakit masyarakat yang lagi tren dalam lingkungan kita, sebab generasi kita sedang hebat-hebatnya dijajah oleh berbagai penyakit, antaranya menghisap lem banteng, konsumsi komix, judi, mabuk-mabukan, bahkan narkoba.

Sekaligus ia juga mengatakan bahwa melalui pesantren ramadhan ini akan berdampak pada pembentukan karakter peserta untuk masa-masa yang akan datang.

Semoga melalui pesantren ramadhan tahun ini menjadi pilar utama penggugah daerah, kejorongan, kenagarian, kecamatan lain se-Pasaman untuk melakukannya pada waktu yang akan datang.

Sebelumnya salah seorang anggota DPRD Sumatera Barat Sabar AS, pada kesempatan itu berhadir sebagai undangan dari panitia juga menyampaikan beberapa potong ayat suci Al-Qur’an sebagai acuan dari tauziyahnya sore itu di antaranya Qur’an Surat An-Nisa’:9 artinya: “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya.” Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.” (Qs. An-Nisa’:9)

Dari petikan ayat tersebut Sabar AS menguraikan tentang apresiasinya terhadap pesantren kilat yang dilaksanakan oleh pemuda/pemudi Durian Kadap II Saba Balik itu, sekaligus menyalurkan bantuannya pada panitia pelaksana Rp 1 (satu) juta untuk mengurangi besarnya anggaran dana yang di keluarkan oleh panitia acara selama acara berlangsung dari hari jum’at tanggal 1 juni 2018 sampai dengan kamis 7 juni 2018 yang akan datang. Bahkan Sabar AS memaparkan bahwa “acara ini sangat penting dan statis.”

Kita sangat khawatir dan cemas bila mendengar berita anak generasi kita sekarang ini tentang bagaimana aqidahnya.? bagaimana akhlaknya.? bagaimana ibadahnya.?

Sementara kita ketahui sendiri dengan kebanyakan kondisi ekonomi para orang tuanya, pada pagi hari berangkat berusaha ke sawah, kebun dan usaha lainnya sehingga meninggalkan anak-anaknya di rumahnya tanpa bimbingan.

Sabar AS menyatakan sikap sebagai putra Pasaman sekaligus perwakilam masyarakat Pasaman yang sedang duduk di DPRD Provinsi Sumatera Barat sangat peduli dengan atas keadaan itu, maka melalui pesantren ramadhan ini merupakan salah satu jalan untuk mewujudkan visi misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman di antaranya Agamis dan Berbudaya, ya tentu saja Budaya Qur’ani. Tegasnya.

Sebelumnya Kapolsek Panti di damping oleh Bhimkamtibmas mengatakan, pesantren ramadhan adalah salah satu wadah menciptakan generasi madani yang taat kepada Allah dan memiliki kekhawatiran akan tercemarnya virus-virus moral buruk pada generasi bangsa Indonesia secara khusus di Durian Kadap II Saba Balik.

Kita lihat dan kita dengar setiap saat berita tentang penangkapan pelaku narkoba, mabuk-mabukan, judi, dan perbuatan amoral lainnya berakhir di ranah hukum dan sebagainya.

Sehingga kami sangat berharap dengan adanya pesantren ramadhan yang selalu di laksanakan oleh pemuda/pemudi Durian Kadap II Saba Balik ini menjadi tolak ukur bagi kejorongan dan nagari lain di Kabupaten Pasaman ini. Apalagi pesantren ramadhan tahun ini merupakan ke-V kalinya di selenggarakan. Harap Kapolsek Panti Saat itu dengan motivasinya yang khas berdasarkan firman Allah Qur’an Surat Al-zalzalah: “Barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.” Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.” (Qs. Al-Zalzalah:7-8).

Sebelum acara berlangsung Kapolsek Panti ini menyantuni beberapa anak Yatim yang turut serta dalam acara tersebut secara langsung.

Pada awal pembukaan acara perwakilan panitia pelaksana Pesantren Kilat Ramadhan 1439 H Pemuda/pemudi Durian Kadap II Saba Balik Syofyan. Hsb S.Hum mengatakan tujuan dari Pesantren Kilat Ramadhan 1439 H ini di selenggarakan adalah: “Mendorong terwujudnya visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman yang Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya.

Tema: “Wujutkan Ramadhan 1439 H sebagai pengembangan karakter Generasi Muda Berbudaya Islami bertaqwa dan memaknai nilai Al-Qur’an.”

Waktu dan Tempat pelaksanaan acara: Pesantren Kilat Ramadhan ini di selenggarakan selama tujuh hari terhitung dari hari Jum’at tanggal 1juni 2018 sampai kamis tanggal 7 juni 2018 di Masjid Al-Ikhlas Durian Kadap II Saba Balik pada setiap ba’da shalat Ashar dan berakhir setelah shalat ma’rib.

Thutor/Penceramah/Pemateri Pesantren kilat Ramadhan ini sengaja di undang oleh panitia pada setiap time scidulnya selama acara berlangsung, dan bagi peserta nantinya akan di berikan sertifikat sebagai bukti mengikuti acara pesantren kilat itu, dan bagi yang berprestasi akan di berikan rework berupa tropi serta uang pembinaan.

Jadi seluruh peserta dan Panitia acara sama-sama berbuka puasa di Masjid, shalat ma’rib berjamaah di masjid, terangnya singkat.

Dan panitia juga menyampaikan, bagi kaum muslimin yang berkeinginan bersedekah untuk sneck buka puasa bagi seluruh peserta mengikuti acara pesantren ramadhan agar dapat menghantar langsung ke lokasi acara sebelum berbuka puasa di setiap harinya selama 7 hari. Pintanya.

Peserta mengikuti pesantren kilat ramadhan ini lebih kurang 150 orang anggota di luar panitia, terdiri dani siswa/siswi sekolah dasar (SD), SLTP, dan SLTA dari 4 kampung di jorong Durian Kadap Aek Tolong, Durian Kadap II, Saba Balik, dan Durian Kadap I.

Sedangkan pendanaan kegiatan itu bersumber dari sumbangan para kaum muslimin/muslimat yang dermawan serta donatur yang peduli.

Besarnya biaya yang dibutuhkan dalam kegiatan ini Rp 12.469.000,- dan baru dapat sekitar 2.870.000,- kekurangannya Rp 9.599.000,- untuk itu panitia acara sangat berharap uluran tangan para dermawan untuk mensukseskan pesantren ramadhan ini.

Permohonan bantuan dana menutupi kekurangan penyelenggaraan acara tersebut dikuatkan oleh perwakilan Ketua Kampung Durian Kadap II Saba Balik Rudi Hasibuan saat menyampaikan sambutannya dihadapan para tamu yang berhadir saat pembukaan acara di laksanakan sekaligus mengucapkan selamat dating pada tamu-tamu acara.

Panitia penyelenggara acara menyampaikan segala bantuan fartisifatif kaum muslimin baik bersifat materi maupun lainnya dalam meringankan beban panitia dengan menyalurkan donasinya pada Nomor Rekening Bank BRI Panitia : 5450-0101-4619-53-0 An Pemuda/I Durian Kadap II Saba Balik.

Atas bantuan dan fartisifatifnya terlebih dahulu panitia ucapkan terimakasih. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial