Bupati Pasaman Buka Acara Pencanangan BBGRM dan Bulan Bakti Dasa Wisma Kab. Pasaman Tahun 2021

Bupati Pasaman Buka Acara Pencanangan BBGRM dan Bulan Bakti Dasa Wisma Kab. Pasaman Tahun 2021

PasamanKab- Pemukulan gong oleh Bupati Pasaman Benny Utama menandai pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dan Bulan Bakti Dasa Wisma Tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2021 yang dipusatkan di Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari, Kamis (25/3).

Hadir dalam Pencanganan Wakil Bupati Pasaman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumbar Drs. Syafrizal, MM, Anggota Forkopinda, Ketua TP PKK dan Pengurus PKK se Pasaman, Kepala SKPD Pemkab Pasaman, Camat se Kabupaten Pasaman, Wali Nagari se Pasaman, Bamus se Pasaman, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan masyarakat.

Alim Bazar,S.Sos Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman, dan sekaligus Ketua Panitia Pelaksana pencanangan BBGRM dan Bulan Bakti Dasa wisma tingkat Kabupaten Pasaman, dalam laporanya mengatakan bahwa dasar pelaksanaan BBGRM dan BB Dasa wisma adalah Permendagri nomor 42 tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat, surat Gubernur Sumatera Barat nomor 411.2/131/DPMD-2021 tanggal 15 Maret 2021, dan surat Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman nomor 414/113/DPM-2021 tanggal 22 Maret 2021 perihal penunjukan lokasi pencanangan BBGRM dan BB Dasa wisma tahun 2021.

Alim Bazar juga mengatakan bahwa hakekat dari pelaksanaan BBGRM ini adalah untuk melestarikan nilai nilai budaya gotong royong masyarakat, meningkatkan komitmen bersama oleh Pemerintah pusat dan daerah, aparat kecamatan/nagari, pihak swasta, dan masyarakat luas, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup keluarga.

Lanjutnya, pokok kegiatan ini adalah untuk membangun kerjasama masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada persatuan serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

Kegiatan BBGRM dan BB Dasawisma ini dilaksanakan selama 1 bulan penuh, mulai pada hari ini Kamis 25 Maret sampai dengan tanggal 26 April 2021 pada 37 Nagari dan 12 Kecamatan di Kabupaten Pasaman, dengan thema “Melalui Bulan Bakti Dasa Wisma dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat kita perkuat semangat gotong royong dalam mengefektifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan pekarangan dengan HATINYA PKK di Dasa Wisma”.

Alim Bazar juga menambahkan bahwa bentuk pelaksanaan kegiatan BBGRM dan BB Dasa Wisma adalah : kegiatan fisik pembangunan dan rehab fasilitas umum dan fasilitas sosial, pembersihan lingkungan permukiman warga, pemanfaatan pekarangan dengan HATINYA PKK, dan kegiatan penyuluhan dari Instansi terkait terhadap kelompok masyarakat dan pengurus PKK serta kelompok Dasa Wisma.

Adapun pendanaan berasal dari APB Nagari sebanyak 37 Nagari dengan total dana sebesar Rp.867.000.000,- untuk kegiatan fisik dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Diakhir laporanya, Alim Bazar berharap semua masyarakat dapat berperan dalam pembangunan dan komitmen dalam menjaga semangat gotong royong, serta Dasa Wisma di Pasaman dapat menjalankan program dengan baik dalam rangka menciptakan ketahanan keluarga.

Dalam sambutannya Benny utama mengatakan, “atas nama pemerintah Kabupaten Pasaman saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada kita semua atas kehadiran pada acara pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat dan bulan bakti dasa wisma tahun 2021 tingkat Kabupaten Pasaman di Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari.

“Kehadiran kita bersama disini mempunyai arti yang penting sebagai pembuktian kita sama-sama punya komitmen untuk mewujudkan masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat”, ujar Bupati Benny Utama.

Lanjutnya, “tema pencanangan tahun ini melalui Bulan Bakti Gotong Royong masyarakat kita efektifkan penerapan protokol kesehatan serta pemanfaatan pekarangan dengan HATINYA PKK di Dasa wisma.”.

“Untuk itu melalui Bulan Bakti Dasa wisma dan BBGRM Tahun 2021, kita jadikan momen bersama memutus mata rantai penyebaran covid-19. Dengan kebersamaan, tentu upaya penerapan protokol kesehatan harus terus disosialisasikan, termasuk vaksinasi”.
Terkait usaha penanganan dan pencegahan wabah pandemi covid-19″, seru Bupati Benny Utama.

Bupati Benny Utama juga menyampaikan, bahwa saat ini, covid-19 masih melanda negeri kita, untuk itu mari bersama dukung program pemerintah, termasuk program vaksinasi covid-19.

Kami berharap, terus terapkan protokol kesehatan. Masih banyak kekurangan yang terjadi, tapi kita harus saling mengingatkan jangan sampai lengah dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, yaitu 3 M, Menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Memakai Masker.

“Untuk itu, PKK menjadi penting perannya terutama saat menghadapi pandemi covid-19 kali ini. Begitu pula kegotong-royongan, sangat penting untuk menghadapi penyebaran penyakit akibat virus corona dan belum ada obatnya ini, baik dari sisi ekonomi keluarga maupun dari sisi kekompakan untuk menekan penyebaran virus corona’, kata Bupati Benny Utama.

“Saya mengajak seluruh pengurus Tim Penggerak PKK dari Nagari sampai Kecamatan, para Wali Nagari sampai para Camat, untuk menanggulangi covid-19 ini, caranya, mari giatkan lagi kegiatan satgas-satgas covid nagari untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan”, tegas Bupati Benny Utama

Diakhir arahan Bupati Benny Utama mengajak agar pencanangan Bulan Bakti Dasa Wisma dan BBGRM sebagai pendongkrak dalam mengatasi stunting di Kabupaten Pasaman dan intinya dengan BBGRM ini membangkitkan kembali semangat kegotoroyongan dalam mengatasi persoalan yang ada masyarakat.

Setelah acara pencanangan dilanjutkan dengan penyerahan toolskid BBGRM oleh Wakil Bupati Pasaman Sabar AS dan Ketua DPRD Kabupaten Pasaman kepada perwakilan wali nagari.

Sementara itu Bupati Benny Utama menyerahkan Akte dan Kartu Identitas Anak Program dari Dinas Capil dan Kependudukan ke perwakilan Wali Nagari dan Ny. Susi Benny Utama sebagai Ketua TP PKK serta Ketua GOW Pasaman Ny. Deni Sabar AS menyerahkan tanaman bibit buahan buahan secara simbolis kepada TP. PKK Nagari.

 

Bagikan ke Jejaring Sosial