BUPATI PASAMAN H. YUSUF LUBIS. SH. MSi MELEPAS ROMBONGAN PAWAI AKBAR KHATAM QUR’AN 1440 H

BUPATI PASAMAN H. YUSUF LUBIS. SH. MSi MELEPAS ROMBONGAN PAWAI AKBAR KHATAM QUR’AN 1440 H

KOMINFO, Pasaman – Dalam rangka mensyiarkan kegiatan keagamaan dalam upaya membumikan Al-Qur’an di Kabupaten Pasaman, sejumlah 1.596 santri dari 35 MDTA, terdiri dari 33 MDTA Kecamatan Lubuk Sikaping, 1 MDTA Kecamatan Rao Selatan, 1 MDTA Kecamatan Bonjol dan 11 TPQ/TPSQ se-Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, mengikuti “Pawai Akbar Khatam Al Qur’an”.

Kegiatan pawai akbar dengan tema “Dengan Pawai Khatam Al Qur’an Akbar Mari Kita Bangun Ukhuwah Islamiyah dan Semangat Belajar Mengajar Al-Quran Demi Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pasaman Yang Sejahtera , Agamis dan Berbudaya”, dilepas oleh Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. MSi di Pelataran Kantor Bupati Pasaman, Ahad (12 Sakban 1440 H/21 April 2019)

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. MSi menyampaikan, pawai khatam Al- Qur’an salah satu kegiatan yang di dorong oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk mensyiarkan kegiatan keagamaan dalam upaya membumikan Al Qur’an di Pasaman.

“Khatam Al-Qur’an pertanda bahwa anak-anak telah menamatkan pendidikan membaca Al Qur’an, namun kegiatan membaca Al-Qur’an tidak boleh berhenti.

Lantunan suara para pembaca dan penghafal Al-Qur’an harus selalu kita dengar dari rumah-rumah, dari Masjid dan dari Mushalla sejalan dengan kegiatan, Magrib Mengaji”, tambah Bupati.

Pada kesempatan itu Bupati H. Yusuf Lubis. SH. MSi menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Pasaman memberikan apresiasi dan penghargaan atas terlaksanaanya acara Khatam Al-Qur’an dan pawai hari ini.

Hal itu terlaksana berkat kerja yang sungguh-sungguh, ikhlas dan konsisten dari para guru, ustadz/ustadzah dalam mendidik dan membina para santri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman H. Dedi Wandra dalam sambutannya mengatakan, “kegiatan pawai ta’aruf ini digelar oleh panitia pelaksana dibawah koordinasi Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Pasaman dapat digelar rutin setiap tahun untuk syiarnya Agama Islam di bumi Pasaman”.

Dedi Wandra menambahkan, kita berharap pawai khatam Al Qur’an seperti ini dapat kita laksanakan bukan hanya tingkat Kecamatan seperti saat ini. Syiar yang lebih besar akan dapat kita rasakan sekiranya dapat kita gelar tingkat Kabupaten Pasaman pada tahun-tahun mendatang.

Sebelumnya Ketua Panitia Pawai Akbar Khatam Al Qur’an MDTA/TPQ/TPSQ Kecamatan Lubuk Sikaping Suyadi diwakili oleh ustadz Yulnedi Malin Basa melaporakan, Pawai Akbar Khatam Al Qur’an bertujuan; meningkatkan kompetensi MDTA/TPQ/TPSQ Kecamatan Lubuk Sikaping hingga dapat melahirkan santri yang pandai baca tulis Al-Qur’an dan beribadah sesuai dengan ketentuan Agama Islam.

Disamping itu, mendukung dan mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Pasaman dan Kementerian Agama dengan Gerakan Msyarakat Magrib Mengaji (Gemmari) serta mendudkung visi misi Pemerintah Kabupaten Pasaman “Terwujudnya Masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya”. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial