Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, Msi, Tanam Pohon Kurma di Kompleks Islamic Center Lubuk Sikaping

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, Msi, Tanam Pohon Kurma di Kompleks Islamic Center  Lubuk Sikaping

Pasaman -   Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, Msi melakukan penanaman pohon kurma di kompleks Islamic Center  Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman yang dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman,   Senin (21/12/20).

Kata Bupati Yusuf Lubis, hal ini dilakukan  selain dalam rangka penghijauan, juga dalam rangka pelaksanaan visi dan misi Pemerintah Daerah yang agamis dan mempunyai nilai religi secara islami.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Pertanian, Efriyanto  S.Pt  yang telah  membudidayakan Kurma dan menanamnya  di kawasan Islamic Centre Lubuk Sikaping” kata  Yusuf Lubis.

Ia juga menyampaikan, bahwa perkembangan dunia pertanian pada saat ini dengan teknologi yang sudah semakin baik dan maju, Kurma  yang sebelumnya hanya bisa ditanam di Negara Arab, sekarang sudah bisa ditanam di Asia Tenggara  termasuk di Indonesia dan menghasilkan buah.Sementara itu,   Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman  Efriyanto, S.Pt menjelaskan, pada hari ini, ada lima batang bibit kurma yang ditanam di kawasan Islamic Centre Pasaman adalah bibit Barhee dari Inggris.

Pada kesempatan itu  Sekretaris Daerah Pasaman, Drs. Maraondak menyampaikan, bahwa kurma adalah tanaman yang ada di Al Qur’an, dan itu harus dikaji jauh, tentu ada sesuatu yang harus dicari, salah satunya adalah bahwa kurma itu tanaman yang bisa hidup lama hingga 100 tahun."Dan sudah banyak informasi, kalau kurma dari hasil kultur jaringan yang diselidiki di Inggris dapat hidup di kawasan tropis seperti asia tenggara, dan bibit yang kita tanam tadi adalah jenis bibit hasil kultur di Inggris", ujarnya.

"Selain itu, dari sisi ekonomi,   ada orang berpendapat bahwa satu batang itu setara dengan 1 Ha kelapa sawit, dan itu nyata. Ini adalah salah satu motivasi yang hendaknya bisa ditularkan kepada warga masyarakat" , tambah Sekda Maraondak.

Ia juga menyampaikan, selain dikawasan Islamic Centre Pasaman yang sudah ditanam lima batang, penanaman Kurma inu juga akan ditanam,   masing - masing satu batang di halaman Mesjid Raya Pauh Lubuk Sikaping, Mesjid Taqwa Pandam Kumpulan, Mesjid Nurul Iman Suka Damai Panti, Mesjid Baiturrahman Tj. Aro dan Mesjid Nurul Huda Kampung Tongah sebanyak dua batang.

Bagikan ke Jejaring Sosial