Bupati Pasaman Membuka Rapat Kesepakatan dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten Pasaman

Bupati Pasaman Membuka Rapat Kesepakatan dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan Tingkat Kabupaten Pasaman

Pasaman - Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis, SH, M.Si membuka secara resmi Rapat Kesepakatan sekaligus Pencanangan kegiatan kesatuan gerak PKK KB-kesehatan yang operasionalnya dimulai pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2020 di Balairong Anak Nagari Pemda Pasaman, Kamis (22/10/20).

Rapat ini dihadiri oleh Ketua serta seluruh Anggota Tim Penggerak PKK KB-Kes Kabupaten dan Kecamatan se Kabupaten Pasaman serta juga diikuti oleh seluruh Camat melalui virtual di tempat kerja masing - masing. Rapat kesepakatan dan sekaligus pencanangan bertujuan untuk menginformasikan kepada masyarakat dan aparatur pemerintah bahwa program pembangunan yang tengah dilaksanakan saat ini didukung sepenuhnya oleh tim penggerak PKK bersama masyarakat dan pemerintah.

Pada pengantar acara, Ny. Suryani Yusuf Lubis menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Pasaman sebagai Ketua Pembina dan seluruh Anggota Pembina yang telah memberikan perhatian dan dukungan kepada TP PKK sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan secara umum dan kesejahteraan keluarga secara khusus.

Ny. Suryani Yusuf Lubis mengharapkan kepada kader-kader PKK agar terus memberikan pembinaan, pelayanan dan penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat khususnya dalam menjaga kesehatan, keluarga berencana, pelestarian lingkungan hidup, pembinaan terhadap usaha ekonomi produktif dan pendidikan untuk anak usia dini melalui kelompok dasawisma, posyandu dan poskesri.

Kegiatan secara terpadu oleh kesatuan gerak TP PKK KKBPK-Kesehatan yang dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Oktober sampai Desember 2020 adalah sebagai sarana pembinaan untuk memotivasi para kader PKK unuk ikut aktif berperan serta dalam pencapaian target PKK (Dasawisma), pelayanan KB dan kesehatan yang dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten sampai ke jorong, ungkap Ny. Suryani Yusuf Lubis.

Sementara itu H. Yusuf Lubis, SH, M.si dalam arahannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua TP-PKK dan seluruh pengurus serta anggota yang telah memprakarsai pelaksanaan program KB dan kesehatan di Kabupaten Pasaman dan meminta agar kegiatan PKK KB-Kesehatan pada tahun ini difokuskan untuk penggarapan di daerah kampung KB dengan tetap mengikuti protokol covid 19 dan mengenai pelaksanaan koordinasi bisa melalui rapat secara virtual, wa, sms, telepon dan sebagainya, apalagi pada saat ini daerah kita kabupaten pasaman ditetapkan sebagai zona orange.

Khusus di bidang pelayanan, baik itu pelayanan KB maupun pelayanan kesehatan, agar pelaksana melengkapi diri dengan APD (Alat Pelindung Diri) seperti masker, sarung tangan, hazmat sehingga kegiatan ini berjalan lancar dengan tetap memperhatikan rencana kerja yang sudah disusun oleh masing-masing bidang, baik itu PKK, keluarga berencana maupun kesehatan.

Yusuf Lubis juga mengatakan bahwa Program KB merupakan program pengaturan kelahiran yang memberikan kesempatan bagi sebuah keluarga untuk mengatur kebutuhannya dalam rangka mencapai kesejahteraan keluarga terutama dalam bidang kesehatan ibu dan anak.

”Kesuksesan program keluarga berencana dan kesehatan harus didukung oleh semua elemen dan secara bersama untuk ikut serta melaksanakannya tanpa membeda-bedakan wilayah maupun status sosialnya, dan diharapkan seluruh ASN harus menjadi contoh dan berada di garda terdepan dalam mensukseskan program KB di kampung KB”, tambah Yusuf Lubis.

Bagikan ke Jejaring Sosial