Bupati Pasaman Membuka Secara Resmi MTQ Nasional Ke-13 Kecamatan Tigo Nagari

Bupati Pasaman Membuka Secara Resmi MTQ Nasional Ke-13  Kecamatan Tigo Nagari

Tigo Nagari, PASAMANKAB.GO.ID --- Bupati Pasaman yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Djoko Rifanto, S.Sos, M.Si membuka secara resmi Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-13 Kecamatan Tigo Nagari.

Dalam sambutan Bupati Pasaman menyampaikan, “Kegiatan Musyabaqah Tilawatil Qur’an adalah usaha kita untuk mensyiarkan agama islam yang kita cintai. Dan membaca al-qur’an dalam musyabaqah ini tidak saja indah untuk dibaca dan di dengar, akan tetapi lebih dari itu, al-qur’an diharapkan dapat menjadi cahaya, petunjuk, dan rahmad.

Dari pantauan langsung jurnalis Diskominfo Pasaman tampak hadir mendampingi Bupati Pasaman, Inspektur Inspektorat Kabupaten Pasaman Muhammad Ikhsan, Kepala Disporapar Linggoman, S.Pd. MM, Kepala Dinas Pertanian EFRIYANTO, S.Pt, Badan Keuangan Daerah diwakili Deliana, Bagian Humas Setda Pasaman diwakili Syawaluddin, Kemenag Kabupaten Pasaman Hasiyunil. S.Ag, Camat Kecamatan Tigo Nagari bersama Muspimca, Wali Nagari Se-Kecamatan Tigo Nagari, tokoh-tokoh masyarakat Tigo Nagari, TP PKK Kecamatan Tigo Nagari, Bundo Kanduang, Pemuda, serta kafilah dari berbagai Nagari Se-Kecamatan Tigo Nagari di Nagari Binjai, Kamis (29/08/2019).

Disamping untuk menambah pengetahuan dalam memahami isi kandungan al-qur’an, juga diharapkan dapat membangun sikap mental/prilaku dan spritual umat islam. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah Kabupaten Pasaman yaitu; “Mewujudkan masyarakat Kabupaten Pasaman yang Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya”, yang ditopang dengan moto; Disiplin, Tertib, Berbunga, Konsisten, dan Ikhlas.

MTQ yang kita selenggarakan mulai dari tingkat Nagari, tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten sampai pada tingkat Provinsi Sumatera Barat, adalah untuk melestarikan al-qur’an di atas muka bumi ini, serta untuk melihat dan menguji sejauh mana kemampuan anak-anak kita mempelajari, memahami dan mengamalkan ayat-ayat al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari, baik secara pribadi maupun secara bermasyarakat.

Pemerintah akan terus memberikan perhatian terhadap program dan kegiatan untuk kegiatan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta peningkatan pengamalan ajaran agama islam. Seperti kegiatan pembinaan anak-anak dalam santri pondok al-qur’an, dan pondok tahfiz, serta kegiatan keagamaan lainnya.

Karena kita berkeyakinan bahwa dengan cara inilah akan mendapatkan ridha Allah Swt, sehingga visi pemerintah daerah Kabupaten Pasaman dapat terwujud.

Pada kesempatan itu juga Bupati Pasaman menyampaikan untuk selalu optimis, tidak boleh pesimis dan terus bekerja keras untuk meningkatkan prestasi Kabupaten Pasaman pada setiap iven kegiatan nasional seperti kegiatan MTQ ini. Inshaa Allah prestasi Kabupaten Pasaman akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Lantunan kalam ilahi selama pelaksanaan MTQ ini, diharapkan akan mampu menciptakan suasana akan kesejukan bathin, ketentraman jiwa, dan kedamaian ditengah masyarakat Kecamatan Tigo Nagari ini.

Kepada Camat, Ketua LPTQ, dan Panitia Pelaksana Bupati Pasaman mengucapkan Selamat dan terimakasih atas terselenggaranya MTQ ke-13 tingkat Kecamatan Tigo Nagari, dan Bupati Pasaman juga berharap, semoga pelaksanaannya dapat berjalan dengan tertib, lancar dan sukses serta dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti MTQ Nasional Ke-47 Tingkat Kabupaten Pasaman yang akan dilaksanakan pada bulan november 2019 yang akan datang.

Kepada segenap kafilah MTQ Bupati Pasaman mengucapkan selamat bermusyabaqah, dan kepada dewan hakim beserta panitera bupati juga berharap, “untuk dapat melaksanakan tugas dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, kejujuran dan keadilan.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pasaman yang diwakili Hasiyunil. S.Ag menyampaikan; “Kementerian Agama selaku instansi pemerintah bertanggungjawab dalam melahirkan masyarakat dan generasi qur’ani. Ini terlihat dalam visi Kementerian agama Kabupaten Pasaman, di antaranya; “Mewujudkan masyarakat yang taat beragama, rukun, cerdas, sejahtera lahir dan bathin, dan salah satu misinya yakni, “Meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama.

Ketua Pelaksana MTQ Nasional Ke-13 Tingkat Kecamatan Tigo Nagari BAHARI DT. MAJO LELO menyampaikan dalam sambutannya, “MTQ Nasional Ke-13 Tingkat Kecamatan Tigo Nagari itu diselenggarakan di Jorong Binjai Nagari Binaji, waktu pelaksanaan kamis-jum’at 28 Dzulhijjah 1440 H/29 Agustus 2019, dengan jumlah cabang-cabang yang dilombakan sebanyak 7 cabang.

  1. Cabang Tilawah
  2. Cabang Tartil
  3. Cabang Tahfiz
  4. Cabang Fahmil Qur’an
  5. Cabang Syahril Qur’an
  6. Cabang Khutbah Jum’at dan Azan
  7. Cabang Bintang Qasidah.

Peserta terdiri dari 60 orang putra, dan 54 putri berasal dari Tiga Nagari,

  • Nagari Malampah
  • Nagari Ladang Panjang
  • Nagari Binjai

Di akhir sambutan Bupati Pasaman, secara resmi membuka MTQ Nasional Ke-13 Tingkat Kecamatan Tigo Nagari dengan membacakan Basmallah. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial