Bupati Pasaman Mewisuda sejumlah Siswa/siswiTahfizd Qur’an 2019

Bupati Pasaman Mewisuda sejumlah Siswa/siswiTahfizd Qur’an 2019

KOMINFO, Pasaman --- Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH. M.Si mewisuda sejumlah siawa/siswi Tahfizd Al-Qur’an, yang merupakan wujud nyata konsistensi dalam rangka membumikan al-qur’an di kalangan generasi muda sejak dini.

Dari pantauan jurnalistik KOMINFO Pasaman, tampak hadir dalam kegiatan itu, Staf Ahli Bupati Pasaman H. Hermanto, Kepala-kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman, Kabag Kesra Edi Erman. S.Ag. MA, Kabag Humas, perwakilan Polres Pasaman, Perwakilan Kodim 0305 Pasaman, Kepala-kepala sekolah tingkat PAUD/TK, dan Pendidikan dasar, Ketua Baznas Pasaman Uztad H. Syafrizal, Sf, SIQ, S.Ag, M.MPd, Camat Kecamatan Tigo Nagari Darmawi bersama perangkatnya, sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Tigo Nagari, para orang tua siswa/siswi peserta Wisudawan/wisudawati, serta tetamu lainnya yang ikut meriahkan acara bergengsi tersebut di pelataran SMPN 01Tigo Nagari, Senin (28/01/2019)

Dalam sambutan Bupati H. Yusuf Lubis, SH.M.Si menyampaikan, “kegiatan wisuda para tahfizd qur’an I ni memiliki peran penting dalam upaya menumbuh kembangkan minat baca Al-Qur’an dikalangan masyarakat, sehingga Visi Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk mewujudkan masyarakat yang “Agamis” melalui program membumikan al-qur’an di Kabupaten Pasaman dapat terwujud. Papar Bupati H, Yusuf Lubis pada siang itu.

Bahkan ia juga menyampaikan, “kita patut memberikan apresiasi kepada Pimpinan sekolah, para guru, komite, dan warga sekolah lainnya, yang telah memilih Tahfizd Al-Qur’an sebagai BRAND sekolah, yang telah secara serius dan konsisten dalam membina para siswa/siswi tahfizd atau penghafal al-qur’an. Tegasnya

Dengan penuh rasa syukur dan bangga bercampur betapa bahagianya hati Bupati Pasaman menyampaikan, “kami bangga, dengan tekad para guru tahfizd yang secara ikhlas dan istiqomah membimbing para calon kader penjaga kemurnian al-qur’an ini tanpa kenal lelah, rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan material demi tejuan mulia.”

“Berkat tangan dingin dan ketulusan mereka, Alhamdulillah kita memiliki calon-calon generasi qur’ani yang mampu menjaga dan memelihara kemurnian al-qur’an.”

Inshaa Allah, kedepan Kabupaten Pasaman akan memiliki para penghafal al-qur’an yang bisa menyejukkan dan membawa keberkahan bagi daerah ini sebut Bupati H. Yusuf Lubis dengan penuh rasa syukurnya dihadapan masyarakat Kabupaten Pasaman yang memadati Pelataran SMPN 01 Tigo Nagari itu.

Selanjutnya ia juga mengatakan, “penyelenggaraan wisuda ini merupakan bentuk pendidikan nilai-nilai al-qur’an dalam membina kepribadian seorang muslim sejak usia dini.

Seorang muslim akan dapat mengamalkan nilai-nilai islam dengan baik jika ia sudah bisa menghafal al-qur’an. Karena salah satu kewajiban umat islam terhadap al-qur’an selain membaca dan mengamalkankanya adalah menghafalnya. Papar Yusuf Lubis kembali.

Dengan alasan inilah pada tahun anggaran 2019 Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah menggulirkan anggaran sebesar Rp 3 M (Tiga Milyar Rupiah) khusus untuk pembinaan tahfizd al-qur’an disemua satuan pendidikan PAUD/TK, dan Pendidikan Dasar di wilayah Kabupaten Pasaman.

Bupati Yusuf Lubis juga sampaikan harapannya kepada seluruh elemen pendidikan yang terlibat dalam kegiatan itu supaya ikhlas dan rela berkorban agar hasil yang diharapkan diridhai Allah Swt.

Pada kesempatan itu Bupati H. Yusuf Lubis menghimbau dan mengajak, “menghidupkan tradisi budaya ma’rib mengaji di lingkungan rumah tangga.” Orang tua dan anak-anak hendaknya secara bersama-sama untuk membaca al-qur’an setiap hari, minimal satu halaman al-qur’an satu hari.

Dan ia juga mengatakan, “akan semakin indah apabila bacaan itu disertai dengan terjemahnya, agar dapat tahu arti dan makna isi kandungan al-qur’an serta menghafalnya.”

Sambutan Ketua Panitia Tahfizd Kabupaten Pasaman ini juga menyebutkan sebelum Bupati H. Yusuf Lubis menyampaikan sambutannya, “Kegiatan tahfizd al-qur’an tahun ini merupakan kegiatan yang ketiga, semenjak di LAUNCHING pada 27 januari 2017 di SMPN 1 Rao Selatan, berikutnya 14-15 february 2018 di SMPN 1 Padang Gelugur.

Adapun jumlah siswa/siswi yang mengikuti lomba tahfizd qur’an tahun ini 480 peserta, dimana dalam acara tersebut berinovasi denga wisuda hafizd/hafizah siswa/siswi untuk semua tingkat dilingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial