Bupati Pasaman Resmikan Pamsimas III Tahun 2017

Bupati Pasaman Resmikan Pamsimas III Tahun 2017

Pasaman, Kominfo --- Sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Pasaman tahun 2016 – 2021 Pada misi yang ke 4 berbunyi: “Mewujudkan peningkatan pemerataan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan serta penanganan bencana yang terpadu dan berkualitas. Maka salah satu sasaran pembangunan yang akan di capai pada akhir tahun 2021 adalah meningkatkan pemanfaatan air minum bagi masyarakat se-Kabupaten Pasaman. Papar Yusuf Lubis.

Kita menyadari bahwa sampai pada saat ini masih ada masyarakat Kabupaten Pasaman yang berada di kawasan pedesaan dan di pinggiran perkotaan yang belum dapat mengakses air minum dan sanitasi dengan layak, hal ini antara lain di sebabkan belum memadainya ketersediaan infrastruktur dan rendahnya perekonomian masyarakat dan beberapa jorong atau kampung yang masih terpencil.

Dari pantauan jurnalistik Kominfo Pasaman secara langsung pada tempat acara tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala BAPPEDA Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak, Sekretaris Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kesehatan Amdarisman, Camat Se-Kabupaten Pasaman, Wali Nagari se-Pasaman yang mendapat kegiatan Pamsimas tahun 2017, Tokoh dan masyarakat Sungai Raya. Sungai Raya Rabu (/0/2018).

Dalam pelayanan air minum dan sanitasi masyarakat terus di lakukan koordinasi dan sinergisitas perencanaan pembangunan yang melibatkan semua stockholder terkait, baik di tingkat pusat, provinsi, dan pemerintah Kabupaten Pasaman.

Salah satu upaya yang di tempuh dalam penyediaan air minum dan sanitasi adalah keikut sertaan kabupaten Pasaman dalam program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau disingkat dengan PAMSIMAS yang saat ini telah memasuki periode yang ke III kami sangat mengapresiasi atas dukungan dan kerjasama yang baik dari Bapak-bapak pengelola program Pamsimas selama ini. Untuk itulah dalam acara peresmian ini Kami mengundang Bapak-bapak kepala satker, BKPAM, BPMU, dan Front III Pamsimas Provinsi Sumatera Barat untuk hadir bersama.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas selesainya program Pamsimas III tahun 2017 di Kabupaten Pasaman sebanyak 20 lokasi, program ini tentunya tidak akan dapat terwujud tanpa partisipasi dan dukungan semua pihak terkait, baik dukungan dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan di tingkat nagari.

Adapun lokasi Pamsimas III di Kabupaten Pasaman tahun 2017 Reguler APBN adalah;

1. Kecamatan Tigo Nagari Kampung Tabek, Jorong Kampung Tabek (APBN)

2. Simpang Alahan Mati Jorong Mudiak Simpang (APBN)

3. Bonjol Jorong Lungguik Batu (APBN)

4. Bonjol Kampung Lalang Jorong Tabiang (APBN)

5. Bonjol Jorong Air Abu (APBN)

6. Panti Kampung Ujung Padang

7. Dua Koto Kampung Simpang Kalam Jorong Sentosa (APBN)

8. Bonjol Kampuang Lakuak Jorong Musus (APBN)

9. Mapattunggul Jorong Malancar (APBN)

10. Rao Selatan Jorong Koto Panjang (APBN)

11. Rao Utara Jorong I dan Jorong II Koto Rajo (APBN)

12. Rao Kampung Koto Nan Tigo Jorong IX Pancahan (APBN)

13. Mapattunggul Selatan Kampung Tongah Jorong Titian Batu (APBN)

Adapun lokasi Pamsimas III di Kabupaten Pasaman tahun 2017 Reguler APBD adalah;

1. Rao Kampung Pacuan Muaro Jorong I Tampang (APBD)

2. Mapattunggul Selatan Kampung Sopan, Kampung Rumah Batu (APBD)

3. Mapattunggul Selatan Jorong Pangian (APBD)

4. Mapattunggul Jorong Pintu Padang (APBD)

Adapun lokasi Pamsimas III di Kabupaten Pasaman tahun 2017 Reguler HKP adalah;

1. Rao Jorong Sungai Raya (HKP)

2. Lubuk Sikaping Kampung Padang Laweh Jorong II Sei Pandahan (HKP)

3. Lubuk Sikaping Kampung Lambah Bukik Jorong IV Selibawan (HKP)

Khusus kepada Ketua KKM, satuan pelaksana, dan BKPAM di tingkat jorong, Bupati Pasaman berharap agar system penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang telah kita bangun dapat kita kelola, di pelihara dengan baik, di tingkatkan pemakaian dan pemanfaatannya demi tercapainya akses penyediaan air minum dan sanitasi kepada seluruh masyarakat.

Selanjutnya pada kesempatan yang baik itu Kata Bupati Pasaman mengucapkan atas terselenggaranya acara yang baik itu, khususnya kepada camat Rao, Wali Nagari, Jorong Sungai Raya, Ninik Mamak, tokoh masyarakat dan Bundo Kanduang, dan tokoh pemuda, serta masyarakat Jorong Sungai Raya Nagari Padang Metinggi, semoga terwujudnya ketersediaan air minum di jorong ini tidak ada lagi masyarakat Jorong Sungai Raya yang tidak dapat mengakses air minum secara layak.

Perlu kami sampaikan pada kesempatan ini bahwa Jorong Sungai Raya Nagari Padang Metinggi penyediaan air minum dan sanitasi yang di laksanakan melalui program hibah khusus Pamsimas dengan pemanfaatan sumber air melalui jaringan trasmisi PDAM dan pengelolaan distribusinya melalui badan pengelolaan distribusi air Minum Sungai Raya ini.

Ini adalah yang pertama sekalinya di laksanakan di Kabupaten Pasaman, Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis menyatakan harapannya agar program ini dapat di kelola dengan baik, di dukung penuh oleh SKPD terkait, antara lain BAPPEDA, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dionas Pemberdayaan Masyarakat, dan PDAM Kabupaten Pasaman sehingga dapat berjalan lancar dan turut dapat mendukung upaya kita dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat se-Kabupaten Pasaman.

Sebelumnya Salah seorang tokoh masyarakat Jorong Sungai Raya menyampaikan ucapan terikasih kepada pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman atas bantuan pembangunan sarana air minum dan sanitasi yang telah di bangun di Sungai Raya yang se belumnya masyarakat Sungai Raya idam-idamkan sekarang telah terwujud, sehingga masyarakat Sungai Raya tidak mengalami krisis air minum lagi dan bahkan telah sampai pada rumah-rumah penduduk, dengan istilah “Kran langsung masuk rumah penduduk Sungai Raya,” masyarakat Sungai Raya sangat bangga dan sangat berbesar hati.

Kepala Badan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak menyampaikan laporan kegiatan pembangunan Pamsimas Se-Pasaman tahun 2017 yang pada hari itu di resmikan oleh Bupati Pasaman merupakan kerjasama semua stockholder antaralain, Bappeda Pasaman, DPUPR, DPM, Dinas Kesehatan, dan PDAM Pasaman juga Wali Nagari.

Dengan tujuan di laksanakananya pembangunan Pamsimas itu adalah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Kabupaten Pasaman penerima pemanfaatan persediaan air minum dan sanitasi, yang di kelola langsungh oleh masyarakat pengguna. (Afzal).

Bagikan ke Jejaring Sosial