Bupati Pasaman Tawarkan Tiga Potensi Unggulan di Sumbar Expo 2019

Bupati Pasaman Tawarkan Tiga Potensi Unggulan di Sumbar Expo 2019

KOMINFO, Pasaman, --- Sumbar Expo tahun 2019 dilaksanakan di Kota Medan dari 14 November kemarin hingga 17 November besok. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dihadiri kepala daerah atau perwakilan kabupaten/kota Se Sumbar dan para investor dan masing – masing daerah menyampaikan potensi yang dimiliki, seperti Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si menawarkan 3 potensi unggul untuk berinvestasi di Kabupaten Pasaman.

Kabupaten Pasaman memiliki potensi unggulan pembangunan Kawasan Wisata Terpadu di Kecamatan Bonjol, pembangunan Pabrik Pakan Ikan di Kecamatan Rao dan pemanfaatan Panas Bumi/Geotermal di 5 titik Kecamatan, di Kecamatan Bonjol, Rao, Rao Selatan, Dua Koto dan Lubuk Sikaping.

Kecamatan Bonjol memiliki beberapa keistimewaan dengan letak geografisnya, potensi alam dan kearifan masyrakatnya dimana kesemuanya sangat cocok dijadikan sebagai wisata terpadu dengan pembangunan fasilitas dan pengadaan sarana prasarana.

Kemudian Pasaman merupakan daerah pemasok ikan air tawar yang terbesar di Sumatra Barat. Puluhan ton Ikan produksi Pasaman dipasarkan ke kabupaten lain bahkan ke provinsi tetangga seperti Riau dan Kota Pekan Baru.

Potensi Investasi terakhir, berdasarkan hasil penelitian dari Badan Geologi potensi panas bumi di Kabupaten Pasaman tersebar di 6 Kecamatan.

Namun, Bupati Yusuf Lubis menawarkan 5 kecamatan, karena yang satu di kecamatan yaitu di Bonjol, telah menjadi Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) dan saat ini berada pada status Wilayah Penunjukan Survey Pendahuluan dan Eksplorasi (WPSPE) yang penunjukannya oleh Kementerian Sumber Daya Energi.

Lima kecamatan itu, Air Panas Simisuh di Kecamatan Rao, Air Panas Kubu Sungkai di Kecamatan Rao Selatan, Air Panas Cubadak di Kecamatan Dua Koto, Air Panas Lubuk Sikaping dan Air Panas Panti.

Menurut Bupati H. Yusuf Lubis, SH, M.Si pemanfaatan panas bumi ini bisa menjadi peluang bisnis seperti pemanfaatan energy terbarukan, maupun sebagai wisata pemandian air hangat.

“Besar harapan kami, kita yang hadir merasa lebih dekat dengan Pasaman. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Atas nama warga Pasaman kami sampaikan bahwa Pasaman sangat menunggu keterlibatan pihak investor dalam pengembangan maupun pembangunan Pasaman kedepan,” kata Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si dihadapan Gubernur Sumbar dan para investor, Jum’at (15/11/2019). (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial