DPP-PA PASAMAN LAKSANAKAN PENYULUHAN PEMBINAAN ORGANISASI PEREMPUAN 2018

DPP-PA PASAMAN LAKSANAKAN PENYULUHAN PEMBINAAN ORGANISASI PEREMPUAN 2018

KOMINFO, Pasaman --- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meminta wawasan kaum perempuan di daerah itu terus ditingkatkan agar semakin berkualitas dan dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan.

"Pembangunan sumber daya manusia kaum perempuan di Pasaman sangat penting dilakukan. Wawasan perempuan harus terus ditingkatkan," katanya saat membuka penyuluhan pembinaan organisasi perempuan di Gedung Syamsiar Thaib, Lubuksikaping, Jumat (2/11/2018).

Dikatakan, perempuan harus mengambil peran dalam pembangunan. Selain itu, juga harus mengambil posisi dan berperan aktif dalam mengantisipasi segala bentuk perubahan.

"Saat ini sudah banyak program berpihak buat perempuan. Perempuan, saya minta harus dapat memanfaatkan itu untuk kemajuan kaum perempuan itu sendiri," katanya.

Dikatakan, ada banyak cara untuk dapat meningkatkan pengembangan diri bagi perempuan. Melalui peningkatan pengetahuan diri, memperbaiki identitas diri, mengembangkan bakat dan potensi diri, memperbaiki kemampuan bekerja dan kualitas diri.

"Selain itu, perbanyak membaca, selalulah bersosialisasi dengan lingkungan, perbanyak mengikuti pelatihan keterampilan organisasi perempuan. Tidak mungkin seorang perempuan bisa meningkatkan kualitas hidup keluarganya, jika dia sendiri tidak lebih meningkatkan kualitas dirinya," katanya.

Ia mengatakan, pelaksanaan penyuluhan itu dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan. Kegiatan ini pula, kata dia, mendukung program pemerintah daerah dalam pembangunan generasi penerus bangsa.

"Dengan pemberdayaan perempuan di bidang pemberdayaan perempuan dan gender, dapat menciptakan generasi perempuan yang berkualitas dimasa mendatang," ucapnya.

Ketua Panitia Pelaksanaan Penyuluhan Kegiatan Pembinaan Organisasi Perempuan Kabupaten Pasaman Ratnawati, S.Pdi, M.Pd yang bertugas dalam kesehariannya sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Gender di DPP-PA Kabupaten Pasaman pada kesempatan itu juga menyampaikan.

Dasar kegiatan :

  1. DPA Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pasaman tahun 2018
  2. Keputusan Bupati Pasaman Nomor: 188.45/795/BUP-PAS/2018 tanggal 254 September 2018.
  3. Surat Sekretaris Daerah Nomor: 463/304/DPP-PA/2018 tanggal 23 Oktober 2018 Perihal Undangan.

Maksud dan Tujuan:

UMUM: “Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Perempuan dalam berorganisasi demi Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) juga mendukung Pemerintah dalam pembangunan generasi penerus bangsa yang akan datang, berkreasi dan berkarya sehingga berujung kepada peningkatan kualitas hidup perempuan.

KHUSUS: “Untuk meningkatkan wawasan kaum perempuan dalam berorganisasi, memperoleh kesempatan untuk berpartisifasi aktif dalam memecahkan masalah sehingga mampu membangun kemampuan diri memiliki potensi diri dan ikut serta dalam perencanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Pasaman.

SASARAN: “Sasaran dari pelaksanaan penyuluhan organisasi perempuan di Kabupaten Pasaman tahun 2018 adalah pengurus/anggota organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Pasaman.

PESERTA : “Peserta penyuluhan adalah Organisasi Perempuan sebanyak 80 orang peserta dari 24 organisasi perempuan yang ada di Kabupaten Pasaman.

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN: “Dilaksanakan pada hari rabu tanggal 02 november 2018 bertempat di Gedung pertemuan Syamsiar Thaib.

MATERI:

  1. Penyampaian materi peningkatan kapasitas diri sebagai motor organisasi oleh Ketua GOW Ny. Mira Atois Pratama
  2. Penyampaian materi Dra. Hj. Asri Suherti Plt. DPP-PA Kabupaten Pasaman, dengan topik materi “Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Pembinaan Organisasi Perempuan.”

Di akhir sambutan Ketua Panitia tersebut mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berfartisifasi dalam mensukseskan acara penyuluhan yang diselenggarakan pada tahun 2018 ini. Paparnya. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial