FP Unand 'Akan' Berikan Bantuan Mesin Pengolah Jagung

FP Unand 'Akan' Berikan Bantuan Mesin Pengolah Jagung

#Pasaman_Kominfo - Kelompok petani (Poktan) Aur Serumpun. Nagari Simpang, Kecamatan Simpang Alahan Mati, Kabupaten Pasaman, bakal menerima bantuan mesin Oven Pengering/Pengolah Jagung, dari Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP), Fakultas Pertanian Universitas Andalas (FP-Unand).

Bantuan ini akan sangat berarti, mengingat curah hujan tinggi, keterbatasan lahan jemur, serta tidak adanya mesin pengering, akibatnya produksi jagung petani di daerah ini sering berjamur.

Ismes, MSc., ketua rombongan Iptek berbasis Dosen dan Masyarakat (IbDM) FP-Unand, menjelaskan bahwa dari laporan yang diterima, masyarakat petani jagung di daerah ini masih mengandalkan sinar matahari untuk melakukan pengeringan jagung hasil panen.
Hal ini tentu menjadi kendala bila musim hujan datang.

"Oleh karena itu, melalui IbDM FP Unand, kami melakukan aksi nyata berupa penyuluhan kepada masyarakat Kecamatan Simpati, khususnya Keltan Aur Sarumpun, Kejorongan Padang Baru ini," ujar Ismes, di Keltan Aur Serumpun, Jumat (1/11).

Kegiatan bertemakan IbDM Introduksi Alat Pengering dan Produk Olahan Jagung tersebut, memperkenalkan kepada masyarakat metode pengeringan yang baik, serta jenis mesin pengering yang cocok bagi petani setempat.

"Insya Allah kami akan mengupayakan bantuan mesin pengering bagi Poktan Aur Serumpun, dan semoga bisa terealisasi secepatnya," kata Ismes.

Wali Nagari Simpang Alahan Mati, Septarial mengatakan, atas nama masyarakat mengucapkan rasa terima kasih atas kunjungan dan penyuluhan IbDM FP-Unand.

"Kami berharap, ilmu yang diberikan IpDM akan dapat meningkatkan produksi dan kualitas hasil pertanian masyarakat Simpati," ujar Septarial.-*((rell Kominfo-Psm

Bagikan ke Jejaring Sosial