Hari Keempat Roadshow Kunker Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, Msi ke Rao Selatan

Hari Keempat Roadshow Kunker Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, Msi ke Rao Selatan

Pasaman - Hari keempat jadwal Roadshow Kunjungan Kerja (Kunker)  Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, Msi dalam rangka silatuhrami dengan seluruh elemen masyarakat untuk menyampaikan harapan dan masukan diakhir periode pemerintahnnya ke kecamatan-kecamatan dipusatkan di Lansat Kadap Kecamatan Rao Selatan, Senin (18/01/21).

Turut mendampingi Bupati dalam Kunker keempat di  Rao Selatan, Ketua TP. PKK Ny. Suryani Nasution, Asisten, Staf Ahli, Kadis Kominfo dan beberapa pejabat dilingkungan Pemda Pasaman.


Acara tersebut dihadiri oleh Forkopinca Rao Selatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh  pemuda, seluruh staf kecamatan, wali nagari dan masyarakat.


“Tanpa terasa waktu berganti, kami telah sampai diujung masa tugas sebagai ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasaman tahun 2021, banyak hal yang kita kerjakan bersama, dalam menjalankan tugas PKK, dalam menjalankan tugas tentu ada kekurangan dan ketidak sempurnaan,  untuk itu saya dan kawan-kawan meminta ma’af kepada Bapak dan Ibu”, ungkap Ny. Suryani.Di kesempatan yang sama, Ketua TP. PKK Kabupaten dalam sambutannya mengatakan sebagai mitra Pemertintah, PKK sudah membantu untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan membina masyarakat dari segala bidang, baik itu keagamaan, ekonomi, kesehatan dan secara umum membantu Bapak Bupati dalam menjalankan Visi Kabupaten Pasaman Sejatera, Agamis dan berbudaya.


Ny. Suryani Nasution, berharap semua program serta tugas  yang telah dijalankan agar dilanjutkan oleh  Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Nagari dan Jorong di Kabupaten Pasaman.Ia, juga mengatakan bahwa  selama 5 tahun yang telah dilalui Tim penggerak PKK Kabupaten Pasaman sudah beberapa kali mewakili Sumatera Barat dan meraih prestasi dalam ajang Lomba ADM tingkat Nasional tahun 2017, lomba UP2K PKK Nasional tahun 2018 meraih Juara Harapan 1 di Jakarta, lomba masak menu B2SA meraih Juara III di Palangkaraya, Lomba PKK KB Kesehatan meraih Juara III dan masih banyak lagi prestasi yang diraih di tingkat Provinsi.

Harapan yang sama, Bupati Yusuf Lubis sampaikan disetiap kecamatan yang telah dikunjungi, kepada seluruh Camat, Wali Nagari dan seluruh perangkatnya beserta staf, mari tingkatkan kinerja dan disiplin dalam menjalankan tugas pada jam-jam kerja dari awal masuk sampai dengan jam pulang kerja, serta perbaiki sistem pelayanan maupun sitem lainnya yang selama ini cukup baik, karena pemerintahan Kecamatan dan Nagari merupakan tombak yang paling bawah dalam pelayanan”.Sementara itu, Bupati Yusuf Lubis, mengucapkan terimakasih atas sambutan dalam acara yang diberikan perangkat dan jajararan camat dan masyarakat yang patuh menjalankan protokol kesehatan covid 19 dalam memutus rantai penyebaran covid 19, dimana terlihat menyediakan cuci tangan pakai sabun diluar ruangan acara, memekai masker dan pembatasan jarak bagi yang hadir dalam acara.

Kepada Camat dan Wali Nagari untuk dapat meningkatkan pengawasan kepada bawahannya dalam bekerja, dan untuk dapat tingkatkan hubungan yang baik dengan instansi vertikal baik yang ada diwilayah kerjanya.Sambung Bupati Yusuf Lubis, selain dari harapan peningkatan pelayanan, kedisiplinan, kinerja, dan yang terpenting juga adalah peningkatan kebersihan baik dilingkungan kantor maupun dilingkungan masyarakat dan dalam melaksanakan tugas untuk melayani masyarakat adalah ikhlas, karena APBD Kabupaten Pasaman kecil.

Menyinggung dengan dekatnya waktu Purna Tugas Bupati Yusuf Lubis dalam mempimpin pelayanan kepada masyarakat, Bupati Yusuf Lubis menyampaikan maaf dan pamit, dimana kemungkinan masih ada pelayanan yang belum rampung di periode jangka menengah pemerintahan yang dipimpinnya.

Lebih lanjut Bupati  Yusuf Lubis menyampaikan capaian indikator program pembangunan selama tahun 2016-2021, pada bidang keagamaan, disebutkan dari target 96 %, anak usia sekolah setingkat SD yang melek huruf Alquran telah tercapai 96, 7%. Capaian ini diperoleh melalui kebijakan pelaksanaan Tahfis Qur’an pada jenjang pendidikan setingkat SD, SLTP se Kabupaten Pasaman.

"Pemda Pasaman juga telah menyelesaikan pembangunan Islamic Center di Lubuk Sikaping yang akan digunakan sebagai wadah dan sarana pusat kegiatan serta kajian agama Islam di Kabupaten Pasaman", tambah Bupati Yusuf Lubis.

Dibidang Infastruktur jalan, Bupati Yusuf Lubis juga menyampaikan telah  berupaya melakukan program peningkatan infrastrukur  konektivitas Kabupaten Pasaman ke daerah tetangga, yaitu Kabupaten Padang lawas, Kabupaten Mandailing Natal dan Kecamatan Bonjol - Suliki Kabupaten 50 Kota.Sementara itu, pada bidang pendidikan, telah tercapainya sasaran  partisipasi sekolah yang dinilai lebik baik dan pada bidang kesehatan dari tahun 2019 masyarakat Kabupaten Pasaman telah mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan melalui BPJS dengan Sistem UHC dalam artian seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman bisa langsung mendapatkan kartu BPJS kesehatan pada saat berobat tanpa harus menunggu beberapa waktu bagi peserta mandiri.

Bupati Yusuf Lubis juga menyampaikan  beberapa capaian yang telah diraih seperti meraih peringkat ke 2 se Sumbar pada penilaian laporan penyelengaraan pemerintahan (LPPD), meraih Predikat “B” untuk Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi (SAKIP), meraih Kabupaten Sangat Inovative dalam penilaian Inovative Goverment Award Tahun 2020 yang diberikan Menteri Dalam Negeri, mendapatkan Kepuasan Pelayanan Publik yang baik selama peridoe 2016-2020 yang mana diantaranya pada sisi pelayanan Administrasi Kependudukan, layanan RSUD serta Layanan Perizinan dan meraih Penghargaan WTP selama 5 Tahun Berturut-turut.

Dipenghujung acara kunker tersebut, Bupati Yusuf Lubis membagikan kenangan berupa buku memorial kepemimpinan Yusuf Lubis di Kabupaten Pasaman kepada Wali Nagari dan Tokoh Masyarakat dan masyarakat setempat yang dilianjutkan makan siang bersama di gedung aula tersebut.

Bagikan ke Jejaring Sosial