Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman Willyam Hutabarat S.Kom membuka secara resmi Pelatihan Digital Marketing bagi 25 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Pasaman
Pasaman - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman Willyam Hutabarat S.Kom membuka secara resmi Pelatihan Digital Marketing bagi 25 orang pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Pasaman di Aula Kantor Dinas Kominfo Pasaman, Selasa (20/10/20).
Pelatihan Digital Marketing yang diselenggarakan selama 2 hari dari tanggal 20 s/d 21 Oktober 2020 bekerjasama dengan Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo - Medan.
Dalam sambutannya, Williyam Hutabarat menyampaikan Pelatihan Digital Marketing yang dilakukan saat ini merupakan hasil koordinasi Pemda Pasaman dengan BBPSDMP Kominfo - Medan, sehingga Program-program kegiatan pada BBPSDM Kominfo - Medan diluncurkan di Kabupaten Pasaman dan seluruh pembiyaan pelatihan ditanggung oleh BBPSDM Kominfo-Medan.
Pelatihan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM pada saat pandemi covid 19 melanda Negara kita, sangat diperlukan sekali, hal ini bertujuan untuk membuka gerbang pemasaran bagi UMKM secara online agar produk UMKM Pasaman mampu bersaing pada pasar global.
Williyam mengharapkan kepada peserta yang ikut pelatihan untuk mengikuti dengan serius guna pengembangan usaha mereka sehingga peserta akan menjadi tahu dan mampu melakukan berbagai teknik sederhana memasarkan produk mereka secara online melalui berbagai teknik dan pemahaman yang diberikan selama pelatihan berlangsung.
Sering para pelaku UMKM menganggap sistem pemasaran produk atau jasa melalui digital adalah hal yang sulit, rumit dan tak bisa mereka lakukan, itu adalah anggapan yang salah, justru sebaliknya Digital Marketing sesungguhnya memiliki banyak sisi yang memudahkan setiap orang melakukannya.
Pelatihan Digital Marketing bagi pelaku UMKM agar mampu memanfaatkan perangkat digital dalam melakukan pemasaran. Perlatihan dirancang dengan mata latih yang paling dibutuhkan para pelaku UMKM yakni melakukan pemasaran secara digital dengan cara yang sederhana, mudah dan murah.
Kata Williyam, pelatihan ini penting, karena saat kehadiran Teknologi Komunikasi Digital pada saat ini telah menciptakan perubahan besar pada strategi pemasaran produk dan jasa pada tataran ekonomi global.
Teknologi Informasi (IT) terbukti mampu menjalankan tugas pemasaran dengan cepat, berdaya jangkau luar biasa, bisa mengusung banyak konten mulai tulisan, gambar maupun video, interaktif dan murah.
Dilain sisi, pelatihan Digital Marketing bagi pelaku UMKM adalah cara yang akan mempercepat peningkatan jumlah UMKM untuk bisa memanfaatkan jalur digital dalam memasarkan produk mereka dan meningkatkan produktivitas UMKM serta meningkatkan penjualan produk lokal di kancah pasar global, tutup Williyam.