Kunker Bupati Pasaman ke Kecamatan Simpati, Launching SID Nagari Alahan Mati, serahkan bantuan Baznaz untuk korban kebakaran dan bantuan kursi roda.

Kunker Bupati Pasaman ke Kecamatan Simpati, Launching SID Nagari Alahan Mati, serahkan bantuan Baznaz untuk korban kebakaran dan bantuan kursi roda.

Pasaman-Kunker dan Silahturahmi ke 11 Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, Msi ke Kecamatan Simpang Alahan Mati didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny. Suryani Yusuf Lubis dan beberapa Pejabat Pemkab Pasaman launching Sistem Informasi Desa Nagari Alahan Mati dan serahkan bantuan Baznaz untuk masyarakat Korban Rumah Kebakaran serta serahkan Kursi Roda untuk salah satu masyarakat penyandang cacat.

Tokoh Masyarakat, Martias Dt. Rangkayo Basa sampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Yusuf Lubis dan Jajaran yang telah memperhatikan pembangunan didaerah tersebut dan sudah banyak dirasakan oleh masyarakat setempat.

Menghadapi masa purna tugas Bupati Yusuf Lubis, sekira 2 minggu lagi, Martias Dt. Rangkayo Basa juga ucapan permohonan maaf masyarakat, kemungkinan ada masyarakat yang masih kurang mendukung kebijakan pemerintahan khususnya di daerah setempat.

Selanjutnya, Camat Simpati, Yuli Adwar, SH, MH pada sambutannya menyampaikan dan melaporkan penyelengaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinanaan kemasyarakatan berjalan pada daerah tersebut berjalan baik.

Ia juga melaporkan, bahwa sekira 2 minggu yang lalu ada kejadian kebakaran pada salah satu rumah warga, dan atas kerjasama semua pihak dan masyarakat, kebakaran tersebut bisa cepat diatasi dan tidak menyebar ketempat lain.

Diakhir sambutannya Camat Yuli adwar informasikan, bahwa banyak inovasi di Kecamatan tersebut yang sudah berjalan baik diantaranya, inovasi Santik (Simpati Anti Plastik), inovasi Simponi ( Simpati Peduli Rohani), Inovasi Pelakor ( Pelayanan Administrasi Kependudukan Antar Jorong), inovasi Rasa Keju (Razia Bersama Keamanan dan Judi) dan inovasi Kekasih ( Ketersediaan Khabar dan Informasi Setiap Hari).

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny. Suyani Nasution sampaikan banyak hal yang telah dikerjakan bersama, dalam menjalankan tugas PKK, tentu ada kekurangan dan ketidak sempurnaan,  untuk itu saya dan kawan-kawan pengurus PKK Kabupaten meminta ma’af kepada masyarakat karena tugas pendampingan Bupati Yusuf Lubis akan memasuki masa purna tugas tanggal 17 Februari 2021 mendatang.

Juga Ny. Suyani Nasution menyampaikan, telah banyaknya program yang dilaksanakan, juga prestasi yang diraih baik dalam ajang lomba PKK tingkat Provinsi maupun nasional.

“Semua capaian yang kita raih adalah hasil dari kerja keras kita semua, saya berharap kepada Ketua Tim Penggerak
PKK Kecamatan, Nagari dan Jorong untuk melanjutkan semua program tersebut” Ujar Ny. Suryani Nasution

Bupati Pasaman Yusuf Lubis seperti di acara Kunker sebelumnya, menyampaikan kondisi dan situasi Kabupaten Pasaman pada saat Pandemi Covid 19 saat ini, dan meminta seluruh elemen masyarakat mendukung program dan kegiatan Pemerintah dalam memberantas penyebaran covid 19.

“Karena kondisi situasi pandemi covid 19, yang mengatur membatasi dalam penyelenggaraan acara, Bupati Yusuf Lubis  sampaikan permintaan maaf, dimana sebenarnya ingin bertatap muka langsung dengan seluruh lapisan Pasaman, bisa saja dengan mengadakan acara pesta rakyat, akan tetapi hal ini tidak memungkinkan karena situasi dan kondisi wabah pandemi covid 19 yang melanda Negara Kita dan dunia, termasuk Kabupaten Pasaman”, jelas Bupati Yusuf Lubis.

Kepada yang hadir dalam acara, Bupati Pasaman meminta agar menyampaikan salam dan maaf kepada seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Simpang Alahan Mati, karena akan mengakhiri masa bakti dalam memimpin Pasaman selama 5 tahun, mungkin banyak pelayanan yang belum rampung dalam periode menengah kepemimpinannya, dan tentu hal ini akan dapat dicapai dalam periode berikutnya pada  jangka panjang seperti apa yang dituangkan dalam RPJP Kabupaten Pasaman yang berlaku selama 25 Tahun yang telah ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman.

Dalam sambutanya, Bupati Yusuf Lubis sampaiakan target capaian indikator yang telah dicapai dalam masa periode 5 tahun kepemimpinannya dalam menjalankan visi “Mewujudkan Masyarakat Yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya ” yang tertuang dalam RPJMD 2016 – 2021 Kabupaten Pasaman, seperti tercapainya indikator dalam bidang keagamaan telah tercapai 96, 7% anak usia dini melek baca Al-Quran, selesainya  pembangunan Islamic Center di Lubuk Sikaping.

“Pada bidang pendidikan, telah tercapainya sasaran  partisipasi sekolah yang dinilai lebik baik dan pada bidang kesehatan dari tahun 2019 masyarakat Kabupaten Pasaman telah mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan melalui BPJS dengan Sistem UHC dalam artian seluruh masyarakat Kabupaten Pasaman bisa langsung mendapatkan kartu BPJS kesehatan pada saat berobat tanpa harus menunggu”, papar Bupati Yusuf Lubis

“Dibidang Infastruktur jalan, Bupati Yusuf Lubis juga menyampaikan telah  berupaya melakukan program peningkatan infrastrukur  konektivitas Kabupaten Pasaman ke daerah tetangga, yaitu Kabupaten Padang lawas, Kabupaten Mandailing Natal dan Kecamatan Bonjol – Suliki Kabupaten 50 Kota”, beber Yusuf Lubis.

Bupati Yusuf Lubis juga menyampaikan prestasi yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Pasaman, dimana peringkat ke 2 se Sumbar pada penilaian laporan penyelengaraan pemerintahan (LPPD), meraih Predikat “B” untuk Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi (SAKIP), meraih Kabupaten Sangat Inovative dalam penilaian Inovative Goverment Award Tahun 2020 yang diberikan Menteri Dalam Negeri, mendapatkan Kepuasan Pelayanan Publik yang baik selama peridoe 2016-2020 yang mana diantaranya pada sisi pelayanan administrasi kependudukan, layanan RSUD serta layanan perizinan dan meraih penghargaan WTP selama 5 Tahun berturut-turut.

Diakhir sambutan dan dialog dengan masyarakat, Bupati Yusuf Lubis menyampaikan harapan yang besar, berdasarkan pengalaman dalam memimpin Pasaman, meminta kepada masyarakat untuk masa mendatang, dalam membangun Kabupaten Pasaman, masyarakat Kabupaten Pasaman harus bersatu dalam berpolitik, dengan menghindari perpecahan kepentingan.

Dengan politik persatuan, maka kita akan dapat mengusulkan minimal dua (2) orang  wakil rakyat dari masyarakat Pasaman sebagai Anggota DPR RI, yang akan menampung aspirasi masyarakat secara langsung dalam membangun Pasaman yang kita cintai ini. Kalau tak ada yang usia muda yang maju, saya yang akan maju”, tutup Bupati Yusuf Lubis yang disambut dengan tepuk tangan riuh hadirin dalam acara.

Selanjutnya Bupati Pasaman yang didampingi  Ketua TP. PKK Kabupaten Pasaman Ny. Suryani Nasution, Staf Ahli Bupati, Asisten Administrasi Pembangunan, Kadis Kominfo, Kabag Tapem dan beberapa pejabat Pemkab lainnya, meresmikan launching sistem informasi desa yang mana akan membuat Nagari Alahan Mati menjadi Nagari yang berbasis digital, di saksikan oleh seluruh peserta yang ada pada acara tersebut.

Sistem Informasi Desa (SID) merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola data di Desa/Nagari, atau alat dukung untuk keperluan pelayanan Desa/Nagari, fungsi nya antara lain administrasi kependudukan, perencanaan pelaporan inventarisir aset kantor, prasarana di desa,  pengelola anggaran desa, layanan publik dan lain sebagainya.

Lanjut manfaat dari SID tersebut ialah sebagai pengelola data kependudukan yang valid/efesien, pelayanan yang cepat, transparasi desa dan pelaporan kegiatan pemerintah desa.

Acara Kunker tersebut diakhiri dengan membagikan kenangan berupa buku memorial kepemimpinan Yusuf Lubis di Kabupaten Pasaman dalam memimpin pelayanan dan pembangunan kepada Wali Nagari dan tokoh masyarakat dan masyarakat setempat dan dilanjutkan makan siang bersama di gedung pertemuan tersebut.

Bagikan ke Jejaring Sosial