Lima Orang Pejabat Eselon II Calon Sekdakab Pasaman Mengikuti Penilaian Kompetensi Manajerial

Lima Orang Pejabat Eselon II Calon Sekdakab Pasaman Mengikuti Penilaian Kompetensi Manajerial Calon Sekdakab Pasaman sedang mengikuti Ujian

KOMINFO, Pasaman --- Sebanyak lima orang pejabat eselon dua yang dinyatakan lulus administrasi dalam pendaftaran untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman pada, Jum'at (11/1) ini mulai mengikuti Penilaian Kompetensi Manajerial Oleh Asesor yang dilaksanakan di Aula BKPSDM Pasaman.

"Ya benar, hari ini lima orang pejabat eselon II calon Sekdakab Pasaman yang lulus seleksi adminiatrasi mulai mengikuti penilaian kompetensi manajerial oleh Asesor," ujar Martha Yandra pada awak media, Jum'at sore.

Kata Martha Yandra, lima pejabat eselon II yang mengikuti penilaian ini, sebelumnya telah dinyatakan lulus administrasi oleh Tim Pansel Sekda Kabupaten Pasaman dan telah diumumkan hasilnya pada, Kamis (10/1) kemarin.

"Lima pejabat eselon II yang lulus seleksi administrasi itu adalah, Kepala BKPSDM Pasaman Anasrullah, Kepala Bappeda Pasaman Mara Ondak, Kepala DPP-KB Yusnimar, Kepala DPM Pasaman M. Ikhsan, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Yuspi," katanya.

Dijelaskannya, dalam penilaian kompetensi Manajerial itu, ada enam materi yang di ujikan kepada peserta. Materi yang pertama adalah, tes kemampuan umum. "Pada tes kemampuan umum ini yang dinilai terhadap peserta seperti, Cultur Fair Inteligensi test skala 3 Bentuk A, dan Cultur Fair Inteligensi test skala 3 Bentuk B," katanya.

Kedua, tes kemampuan Skolastik. "Dalam tes itu, peserta juga melaksanakan tes kemampuan berpikir verbal, dan kemampuan berpikir Numerikal," ucap Martha Yandra lagi.

Tes yang ke tiga adalah, tes kecepatan, ketelitian, ketahanan dan keajegan kerja. Kemudian, yang ke empat adalah, tes berpikir Abstrak. Serta yang ke lima yaitu, tes kepribadian dan kepemimpinan.

Martha Yandra menyebutkan, setelah peserta mengikuti penilaian kompetensi manajerial ini, pada Senin (14/1) nanti, lima orang pejabat eselon II Pasaman ini kembali akan mengikuti penyelenggaraan seleksi tertulis dan penulisan makalah. "Pada hari itu, juga dilaksanakan presentasi hasil asesmen kepada Pansel," terangnya.

Jadwal Berikutnya kata Martha Yandra adalah, Presentasi Makalah dan Wawancara dilakukan tanggal 15 Januari 2019. "Rapat pemeriksaan ujian, penetapan hasil seleksi tertulis dan pengumuman hasil seleksi tertulis juga dilakukan tanggal 15 Januari 2019," kata dia.

Selanjutnya, penelusuran rekam jejak (track rekord) dan rapat penentuan tiga besar 16 Januari 2019. "Untuk pengumuman tiga besar, dan menyampaikan tiga besar calon Sekda kepada Bupati dilakukan 17 Januari 2019 nanti," katanya.

Kemudian, konsultasi hasil seleksi kepada Gubernur 18 Januari 2019. Menyampaikan hasil seluruh proses seluruh seleksi ke KASN 21 Januari 2019. "Untuk penetapan pejabat terpilih oleh Bupati akan dilakukan pada tanggal 24 Januari 2019 mendatang," tukasnya.

Berita sebelumnya, penjaringan calon sekda Pasaman tersebut dilakukan secara terbuka melalui proses lelang. Panitia seleksi dalam penjaringan itu melibatkan sejumlah unsur, diantaranya pejabat provinsi, perguruan tinggi, tokoh masyarakat dan pejabat tingkat Kabupaten Pasaman dan akademisi.

Adapun Ketua Tim Pansel untuk lelang jabatan Sekda Kabupaten Pasaman itu adalah, Mantan Sekda Provinsi Sumbar, Rusdi Lubis. Untuk anggota, Kepala BKD Provinsi Sumbar Yulitar, Prof Yasri, Doktor Yahya dan Sekdakab Pasaman, H. M Saleh. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial