Musrenbang Rao Utara, Wabup Sabar AS: Hasil Rumusan Diarahkan Dapat Ciptakan Ekonomi Kerakyatan

Musrenbang Rao Utara, Wabup Sabar AS: Hasil Rumusan Diarahkan Dapat Ciptakan Ekonomi Kerakyatan

Pasaman-Setelah mendampingi Bupati Pasaman pada acara musrenbang di Kecamatan Rao sekira pukul 11.00 Wib, Wakil Bupati (wabup) Pasaman buka secara resmi musrenbang di Kecamatan Rao Utara sekaligus kunjungan kerja (Kunker) dan silahturahmi dengan masyarakat, Senin (15/3).

Hadir mendampingi Wakil Bupati Sabar AS dalam kunker, Ketua GOW Kabupaten Pasaman Ny. Deni Sabar AS, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala SKPD dan beberapa Pejabat Pemkab Pasaman.

Rombongan wabup diterima oleh camat dan anggota forkompinca, Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Rudi Apresi, ST, Ir. Bona Lubis, wali nagari, anggota Bamus Nagari, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat, tokoh pemuda.

Camat Rao Utara Gusti Maizol, SH memaparkan gambaran umum kecamatan Rao Utara dan sampaikan program kegiatan prioritas yang telah dilaksanakan di Rao Utara dan usulan program dan kegiatan yang sudah terhimpun dalam aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) hasil musrenbang di tingkat nagari yang akan diprioritaskan kembali dalam kegiatan musrenbang di tingkat kecamatan.

Rudi Apresi anggota DPRD Pasaman Fraksi Demokrat dalam kesempatan yang sama menyampaikan pokok pokok pikiran berupa program dan kegiatan yang diserapnya dari aspirasi masyarakat.

Sementara itu, Ir. Bona Lubis Anggota DPRD Kabupaten Pasaman fraksi PPP juga menyampaikan pokok pokok pikiran sebagai wakil rakyat terutama dalam mewujudkan perekonomian masyarakat, seperti peningkatan akses infrastruktur jalan Rao- Kabupaten Padang Lawas dan terbangunnya konektifitas antar wilayah di kecamatan Rao Utara.

Kemudian Kepala Bappeda yang diwakili Sekretaris Bappeda Rahmad Gusferi menyampaikan informasi pembangunan dan model musrenbang yang dilaksanakan kali ini adalah forum pembahasan hasil daftar usulan nagari lingkup kecamatan yang telah dihimpun dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD)

Wabup Sabar AS dalam sambutannya ucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat dalam pilkada serentak 2020 lalu, dimana suara yang diraih ia dan Bapak Bupati Benny Utama sangat tinggi di Rao Utara dan raihan suara itu merupakan ada suatu harapan yg besar dari masyarakat yang harus dipertanggungjawaban dan diwujudkan.

Selanjutnya, bahwa musrenbang tingkat kecamatan bertujuan untuk mendapatkan masukan kegiatan prioritas pembangunan di kecamatan yang akan menjadi urusan wajib Pemerintah Kabupaten.

“Upayakan hasil rumusan program dan kegiatan yang dipertajam melalui forum musyawarah ini untuk kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian”, ujar Sabar AS.

Saat ini kata Wabup Sabar AS, Bangsa dan Negara kita masih dalam suasana pandemi covid 19, dimana anggaran pembangunan banyak tersedot untuk kegiatan pencegahan covid 19, untuk itu, mari kita bersama sama mematuhi aturan protokol kesehatan covid 19.

Musrenbang bersifat aspirasi yg tumbuh dari bawah yang artinya masyarakatlah yang tahu apa kebutuhan untuk daerahnya, sehingga masyarakat ikut merasakan realisasi dari kegiatan ini.

Jadikan kegiatan musrenbang ini, kegiatan yang serius tidak hanya formalitas, tidak seremoni dan ini adalah sesuatu yang serius secara substantif.

Maksimalkan pembangunan infrasuktur konektifitas jalan simamonen-languang dan simamonen-gantiang yang akan dijadikan kawasan pengembangan perkebunan sawit, sapi dan jagung.

Wabup juga mempertegaskan kembali apa yg disampaikan bupati Benny Utama, bahwa semua kepala SKPD untuk proaktif melihat celah pembiayaan dari Pemerintah Provinsi dan APBN, karena Kabupaten Pasaman memang memerlukan bantuan baik dari Pemerintahan Provinsi maupun APBN serta sumber lainnya yang sah sesuai undang undang untuk membangun wilayahnya.

“Hasil rumusan musrenbang dirahkan dapat menciptakan pembangunan ekonomi kerakyatan yang berbasis komoditas unggulan suatu daerah”, Tutup Sabar AS

Bagikan ke Jejaring Sosial