Pasaman Adakan Bimtek Gerakan PKK

Pasaman Adakan Bimtek Gerakan PKK

Pasaman, Kominfo --- Dalam rangka meningkatkan kinerja pengurus untuk melaksanakan program PKK menuju visi dan misi Pemerintahan Kabupaten Pasaman Sejahtera, Pasaman Agamis, Pasaman Berbudaya PKK Kabupaten Pasaman selenggarakan Bimbinganj Teknis (Bimtek) Gerakan PKK.

Dari pantauan Jurnalistik Kominfo tampak hadir dalam acara itu, Bupati Pasaman yang di wakili oleh Staf Ahli Bupati Desrizal. SKM. MKes, Ibu Wakil Ketua TP PKK Propinsi Sumatera Barat Ny Nasrul Abid beserta rombongan, Kepala Dinas DPP dan PA Adasmi, Dinas DPP KB H. Yusnimar, Dinas Sosial Efka Emi, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Ashari, Kepala Dinas Pangan Pasaman Ir Yuspi, Ketua Penyantun TP PKK Kabupaten Pasaman, Kepala Bagian di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Pasaman, Dinas Kesehatan Bidang Kesehatan Ibu dan Anak Dwi Hadiyah bersama staf, Ketua-ketua TP PKK Kecamatan se Kabupaten Pasaman beserta pengurus, Ketua TP PKK Nagari Se-Kabupaten Pasaman beserta pengurus, di Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, Kamis (26/10).. 

Pertama sekali kami mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pasaman sebut Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny. Mira Atos Pratama, yang merupakan Pasaman ini pintu gerbang Propinsi Sumatera Barat dari arah utara.”

Selanjutnya Ny. Mira Atos Pratama dalam sambutannya pada pembukaan acara Bimbingan Teknis (BIMTEK) Gerak PKK mengatakan; “Kami di sini memiliki multi etnis, ada Minang, Jawa, Batak. Mandailing, dan lain-lain.” Yang terdiri dari 12 Kecamatan, 37 Nagari dan sekarang di tambah dengan 25 Nagari Persiapan. Sebutnya

Bahkan Ny Mira Atos Pratama juga mengatakan, “Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasaman sampai saat ini telah banyak melakukan kegiatan walaupun belum maksimal dan masih banyak kekurangan serta kelemahan dalam berbagai hal. Namun, kami tetap optimis untuk terus berkarya melalui Gerakan PKK. Sebutnya

Selanjutnya akan kami informasikan kegiatan yang telah di laksanakan oleh sekretaris dan masing-masing Pokja pada tahun 2017 ini. Sebutnya lagi.

Bidang Sekretaris:

Bahkan Ny. Mira Atos Pratama mengekpos tentang berbagai program dan kegiatan juga melaksanakan revisi kepengurusan, karena ada di antara ibu pengurus yang pindah tugas sesuai SK Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Ny Gustinar Yusuf Lubis Nomor: 03/KEP/PKK.KAB/III/ 2017. Sebutnya

Kemudian ia juga menyebutkan PKK Kabupaten Pasaman melaksanakan lomba Ketua Dasawisma tingkat Kabupaten Pasaman yang di menangkan oleh Dasawisma Lubuk Sikaping sebagai juara I, juara II Kecamatan Dua Koto, serta juara III Kecamatan Bonjol.

Kami juga melaksanakan pertemuan pengurus PKK Kabupaten, Kecamatan, dan juga Nagari yang rutin di laksanakan setiap bulannya.

Melaksanakan bulan bakti Dasawisma, pada kegiatan tersebut telah terdapat peningkatan jumlah Dasawisma dari 2.149 menjadi 2.507 artinya penambahan Dasawisma sebangyak 358 buah. Sebutnya

Melaksanakan pembinaan administrasi ke nagari binaan sekretaris, yaitu di nagari Simpang Tonang Kecamatan II Koto dan Alhamdulillah meraih juara I Tingkat Propinsi Sumatera Barat. Insya Allah kami siap mewakili Sumatera Barat ke tingkat Nasional di tahun 2018. Sebutnya yang di sambut tepuk tangan dengan meriah oleh peserta Bimtek.

Kegiatan Pokja I:

Melaksanakan pembinaan kelompok PKDRT di nagari Tarung-tarung Kecamatan Rao, kemudian melaksanakan pembinaan 10 program pokok PKK dalam rangka lomba Pokja I tentang PKDRT di tingkat Propinsi Sumatera Barat.

Melaksanakan pembentukan kepanitiaan dan persiapan lomba gerak PKK tentang PKDRT di nagari Tarung-tarung Kecamatan Rao.

Melaksanakan lomba Asmaul Husna antar TP PKK Kecamatan dan kader se-Kabupaten Pasaman dalam rangka Jambore Kabupaten Pasaman.

Melaksanakan pembinaan dan latihan kelompok Asmaul Husna dalam rangka Jambore PKK Propinsi Sumatera Barat tahun 2017 Mengikuti lomba Asmaul Husna dan Yel-yel pada Jambore PKK Provinsi Sumatera Barat di Bukittinggi. Sebutnya

Kegiatan Pokja II:

Melaksanakan pembinaan BKB dan PUD yang terintegrasi dengan posyandu di PAUD AN NUR Nagari Air Manggis dalam rangka lomba PKK KB Kes Posyandu. Alhamdulillah berhasil meraih juara I tingkat Provinsi Sumatera Barat dan juara III tingkat Nasional.

Bulan Bakti Dasawisma menampilkan Bazar UP2K PKK Kecamatan Se-Kabupaten Pasaman dalam rangka bulan bakti Dasawisma.

Kami juga melaksanakan lomba Bazar UP2K PKK tingkat Kabupaten Pasaman yang akan di tampilkan pada jambore tingkat Propinsi Sumatera Barat dan Alhamdulillah pokja II meraih harapan III tingkst Propinsi Sumatera Barat pada kesempatan itu. Ulas Ny Mira Atos Pratama.

Kegiatan Pokja II juga mempersiapkan kader posyandu pada lomba kader posyandu berprestasi dan Alhamdulillah mendapat terbaik II tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan Pokja III:

Kegiatan Pokja III adalah Melaksanakan pembinaan pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam sayur-sayuran, buah-buahan, lumbung hidup, serta tanaman obat keluarga yang bertujuan sebagai ketahanan pangan keluarga serta memberikan bantuan bibit dan bekerjasama dengan OPD terkait.

Pembinaan industri rumah tangga di bidang pangan yang berasal dari hasil produksi bahan pangan daerah seperti pisang, ubi, ikan, jagung dan sebagainya, mulai dari pengolahan sampai dengan pemasaran.

Kegiatan Pokja III juga adalah, Mensosialisasikan menu beragam, bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), kepada masyarakat serta melaksanakan lomba cipta menu B2SA di tingkat Kabupaten Pasaman, bekerjasama dengan dinas pangan. Juga Alhamdulillah TP PKK Kabupaten Pasaman berhasil meraih juara I di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Bahkan untuk tahun 2018 nanti sebut Ny Mira Atos Pratama TP PKK Kabupaten Pasaman akan mewakili Provinsi Sumatera Barat untuk lomba tingkat nasional pada acara hari pangan se dunia ke-38 di Kalimantan Selatan.

Kegiatan Pokja III juga adalah, Melaksanakan sosialisasi cara berpakaian sesuai dengan adat istiadat Minang Kabau agar eksistensi pakaian daerah kita dapat di lestarikan

Melaksanakan pembinaan pemanfaatan limbah pelastik dan botol minuman yang bisa di jadikan pot untuk tanaman dan sebagainya.

Kegiatan Pokja IV:

Kegiatan Pokja IV adalah; Pembinaan posyandu Annur dalam rangka persiapan mengikuti lomba PKK KB Kes kategori posyandu tingkat nasional mewakili Sumatera Barat, yaitu posyandu Annur nagari Air Manggis Ikut serta dalam kegiatan bulan bakti Dasawisma, pada bulan bakti ini pokja IV menjadikan sebagai bulan bakti IVA dimana di seluruh dasawisma mendata seluruh WUS umur 30-50 tahun, lalu kader PKK memberikan penyuluhan dan menghimbau warganya agar mau melaksanakan pemeriksaan IVA Test untuk pencegahan kanker leher rahim, dengan kegiatan ini sangat mendongkrak capaian IVA Test di Kabupaten Pasaman.

Di samping itu kegiatan dari Pokja IV adalah; Pendataan Bumil Resti oleh Kader Dasawisma untuk pendampingan kader resti oleh kader dan petugas kesehatan sehingga Bumil Resti dapat pertolongan yang tepat dan cepat.

Selanjutnya Ny Mira Atos Pratama juga mengatakan, melalui kegiatan pokja IV PKK Kabupaten Pasaman melakukan penilaian toga yang di laksanakan pada 12 Kecamatan dan di tetapkan nagari Panti Kecamatan Panti mewakili untuk lomba di tingkat Provinsi Sumatera Barat dan Alhamdulillah dapat meraih juara I menjadi wakil Sumatera Barat untuk tingkat nasional. Namun sayang, di tingkat nasional kita tidak termasuk nominasi. Sebutnya dengan sedikit bernada kecewa.

Pada jambore kader PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat, kita juga mengikuti lomba penyuluhan jamban sehat, dalam bentuk bermain peran, dan kita memperoleh harapan I. Persiapan lomba kader posyandu terbaik di posyandu Kuntum Melati Nagari Pauh, Alhamdulillah dapat memperoleh Juara II tingkat Provinsi. Sebutnya sambil mengakhiri kata sambutannya dalam rangka pembukaan Bimbingan Teknis Gerak PKK Kabupaten Pasaman tahun 2017.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat Ny Nasrun Abid menyampaikan dalam pidato sambutannya; “ Maksud kedatangan tim gerak PKK Provinsi Sumatera Barat di ranah Pasaman adalah untuk memberikan motivasi dan masukan kepada tim penggerak PKK Kabupaten/Kota dalam melaksanakan 10 Program Pokok PKK di daerah. Sebutnya.

Dengan melakukan pertemuan seperti ini dapat di ketahui bahwa kegiatan dan langkah-langkah apa yang sudah di laksanakan oleh tim penggerak PKK Kabupaten secara berjenjang, untuk kemajuan pelaksanaan gerak PKK di tengah masyarakat.

Di samping itu dapat pula di ketahui permasalahan apa yang sedang di hadapi serta upaya pemecahannya, sehingga di harapkan eksistensi gerak PKK tetap dapat memberikan darma bakti dan sumbangsih untuk kemajuan masyarakat di wilayah ini, sehingga masyarakat dapat merasa terbantu dan terbina dengan adanya kegiatan PKK.

Dengan demikian kami sangat berharap dapat berhadapan langsung dengan tim penggerak PKK Kecamatan maupun tim penggerak PKK Nagari. Sebutnya lagi.(Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial