Pasaman Bakal Miliki Pusat Kegiatan Islam Terpadu

Pasaman Bakal Miliki Pusat Kegiatan Islam Terpadu

#Pasaman_Kominfo,-- Komitmen mewujudkan visi Pasaman nan Agamis, terus diimplementasikan Pemerintah Kabupaten Pasaman di bawah kepemimpinan Bupati H. Yusuf Lubis, SH.MSi.

Simbol-simbol keagamaan di pusat pemerintahan Pasaman kian kental terlihat, terutama sejak berdirinya mushala minimalis nan apik, di sisi kanan halaman kantor Bupati.

Saat ini, disekitar mushala tengah dikerjakan pembangunan taman-taman, agar rumah Ibadah komplek kantor Bupati Pasaman ini lebih indah dan asri, serta lebih nyaman untuk beribadah.

Hal tersebut diutarakan Sekda Pasaman, Drs. H. Mara Ondak, MSi, saat bincang-bincang di teras Masjid Agung Almuttaqin, usai shalat jumat, (1/11).

Dalam kesempatan tersebut, sebelum kembali ke kantor, Sekda didampingi Kadis PU Agusti Awizar, Kabid Cipta Karya dan Budhi Hermawan (Kominfo), menyempatkan diri melihat progres pembangunan Pasaman Islamic Centre (PIC) di kawasan Masjid Agung Lubuk Sikaping tersebut,

Selain sudah didukung keberadaan masjid yang cukup megah, Pasaman IC juga sudah dilengkapi beberapa bangunan asrama untuk para santri.

"Sekarang tengah digenjot penyelesaian beberapa bagunan bertingkat untuk study Islam, pelataran ruang terbuka untuk aneka kegiatan islami, taman, drainase serta areal parkir dan pagar," jelas sekda, sambil menatap bangunan PIC yang sudah mendekati rampung itu.

Sekda menargetkan, untuk kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bulan Okrober 2020 nanti, akan diselenggarakan semeriah mungkin di lokasi Pasaman Islamic Centre ini.

"Kita berharap Kota Lubuksikaping akan senantiasa semarak dengan berbagai aktifitas Islami," ujar Mara Ondak, yang saat itu mengaku puas membayangkan kawasan PIC bakal ramai dengan berbagai bentuk kegiatan keagamaan.

Namun diakui, kawasan PIC memang tidak seluas dan semegah Islamic Centre di daerah lain, tetapi Sekda Mara Ondak optimis, kawasan Islam terpadu di Ibu Kota Kabupaten Pasaman ini akan berfungsi dan berdayaguna maksimal, sesuai peruntukannya.

"Memang tidak terlalu luas, namun saya optimis kawasan ini akan kaya fungsi dan manfaat, untuk menampung berbagai kegiatan bernuansa islami" ujar sekda optimis.

Saat berjalan kaki kembali ke kantor, Sekda sempat melihat kondisi physik bangunan pagar PIC.

Disampaikan, jika selesainya nanti, pagar tersebut dilengkapi relief tulisan Asmaul Husna yang dipancari lampu dimalam hari, berikut taman bunga disepanjang pagar yang berbatas dengan parkiran masjid. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial