PASAMAN GELAR PELATIHAN DAN SOSIALISASI PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN RESPONSIF GENDER

PASAMAN GELAR PELATIHAN DAN SOSIALISASI  PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN RESPONSIF GENDER

Pasaman, Humas, Drs. Mara Ondak Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman membuka secara resmi Sosialisasi  dan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender Selasa,(2/3/19) di  gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping.

Acara sosialisasi dan pelatihan diinisiasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pasaman diikuti oleh seluruh Kepala OPD Kabupaten Pasaman selaku anggota Pokja Pengarus Utamaan Gender (PUG).

Selanjutnya, Pejabat Pengelola Perencanaan dan Anggaran masing-masing OPD serta Tim Penggerak Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Kabupaten Pasaman tahun 2019.

Di awal sambutannnya Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman mengatakan, Pemerintah Daerah diamanatkan untuk melaksanakan strategi pembangunan dengan mengintegrasikan gender menjadi satu kesatuan dimensi integral dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pembangunan di daerah.

“Pelaksanaan pembangunan oleh Pemerintah Daerah, harus memberikan kesempatan dan hak-hak yang sama buat laki-laki dan perempuan agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, social, budaya, pertahanan keamanan dalam dalam mengaktualisasikan ”, tambah Mara Ondak Alumni APDN Bukittinggi.

Lanjutnya, langkah awal mewujudkan dan mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender dilingkungan Pemerintah Daerah, dengan mengakomodir isu gender mulai dari tahap perencanaan hingga penyediaan alokasi anggaran pada program dan kegiatan Pembangunan Daerah.

“Pasca Sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan setiap OPD akan mempunyai cara pandang yang posisitif tentang isu gender dan pada gilirannya mampu merumuskan dan mewujudnyatakan isu gender dalam rencana kerja OPD setiap tahun”, pungkas Mara Ondak.

Sebelumnya ketua pelaksana sosialisasi Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Choiruddin Batubara melaporkan,  sosialisasi  dan Pelatihan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender dilaksanakan selama 1 hari.

“Kita menampilkan 3 orang narasumber yaitu, Hennaldi, S.Pi dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumatera Barat, Dra. Asri Suherti Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Pasaman”, tambah Kepala Bappeda yang sering dipanggil dengan sebutan “Ucok”.

Selanjutnya,  narasumber dari penyelenggara Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman Choiruddin Batubara dengan judul makalah “Koordinasi Perencanaan dan Pelaksanaan PPRG di Kabupaten Pasaman”.

 

Bagikan ke Jejaring Sosial