Pasaman Selenggarakan Lomba Dan Pameran Burung Berkicau

Pasaman Selenggarakan Lomba Dan Pameran Burung Berkicau

KOMINFO, Pasaman --- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasaman Ke-74 bersama Kejaksaan Negeri Pasaman dan Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata selenggarakan PASAMAN SAIYO BERKICAU.

Tampak hadir dalam acara itu Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si, Kajari Pasaman Ardhryansah, SH, MH, Forkopimda Pasaman, Staf Ahli, Sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman, Panitia, dan peserta lomba dari berbagai Provinsi Se-Sumatera dan dimeriahkan oleh pecinta burung berkicau dari Kab/Kota Se Sumatera Barat di halaman Gedung Olah Raga (GOR) Tuanku Rao Lubuk Sikaping, Ahad (27/10/2019).

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si dalam sambutannya menyampaikan, pertama sekali mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta kicau mania di Kota Kecil Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, sekaligus memaparkan jumlah kecamatan sekabupaten Pasaman sebanyak 12 Kecamatan, yang di iringi dengan penyampaian jumlah nagari sebanyak 37 Nagari ditambah dengan 25 nagari yang belum depenitif. Paparnya.

Dalam penyampaian Bupati H. Yusuf Lubis, SH, M.Si saat membuka acara itu peserta yang akan berkompetisi pada hari itu telah tercatat 13 daerah dari berbagai provinsi se-Sumatera dan 19 Kab/Kota se-Sumatera Barat.

Bahkan Bupati menambahkan, Pada hari ini pemerintah daerah Kabupaten Pasaman merasa bangga dan bersyukur kepada Allah Swt, karena semua kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasaman Ke-74 dan masih banyak kegiatan yang belum selesai sesuai dengan jadwal pada bulan desember 2019 ini akan masih berlanjut. Paparnya

Namun pada hari ini khusus kicauan burung yang akan diperlombakan di Kabupaten Pasaman, Bupati H. Yusuf Lubis mengucapkan terimakasih banyak, secara khusus kepada panitia pelaksana yang dalam kesempatan itu langsung dibantu sepenuhnya oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Ardhryansah, SH, MH beserta panitia yang ditunjuk oleh beliau bekerjasama dengan panitia HUT Kabupaten Pasaman Ke-74.

Dengan dasar keyakinan dan percaya, berkat kebersamaan itulah makanya acara itu dapat terlaksana dan tuntas dengan sebaik-baiknya. Papar Bupati dengan penuh semangatnya.

Maksud dari kegiatan itu diselenggarakan, bukanlah mengadu kepandaian dari kicauan-kicauan burung saja, akan tetapi untuk menjalin hubungan silaturrahim, kerjasama, mupakat yang baik antar sesama penggemar.

Khusus kepada panitia Bupati H. Yusuf Lubis berpesan, selenggarakan acara ini dengan sebaik-baiknya, dengan adil, dengan profesional, karena kehadiran semua dari jauh mengharapkan kegembiraan, keadilan, mudah-mudahan apa yang dicita-citakan dapat dicapai pada hari ini. Jelas Bupati.

Kepada peserta Bupati mengucapkan selamat, mudah-mudahan berhasil atau tidak itu tentu dari hasil usaha kita bersama. Katanya

Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata (DISPORAPAR) Kabupaten Pasaman LINGGOMAN SIREGAR, S.Pd, MM dalam laporannya menyampaikan, tujuan diselenggarakannya acara PASAMAN BERKICAU ini adalah;

  1. Meningkatkan hubungan silaturrahim antar pecinta burung berkicau se-Sumatera.
  2. Membudidayakan dan rasa peduli terhadap jenis burung yang merupakan habitat yang patut dilestarikan.
  3. Memotivasi dan memberi dukungan terhadap pecinta/club burung yang ada se-Sumatera.

Waktu pada hari minggu 27 oktober 2019 dan bertempat dihalaman Gedung Olah Raga (GOR) Tuanku Rao, Lubuk Sikaping.

Acara ini terselenggara dan terkoordinir dengan sangat baik dibawah pimpinan ketua pelaksana BUJANG. ST, Kepanitiaan Sumpur Saiyo BC, Pembina Ardhryansah, SH, MH, Penanggung jaewab Kepala Disporapar Kabupaten Pasaman LINGGOMAN SIREGAR, S.Pd, MM.

Adapun jenis burung yang dilombakan: murai batu, kacer, kenari, lovebird, cucak ijo, branjangan, konin, placi dan kapas tembak.

Laporan Ketua pelaksanaan, Bujang. ST mengatakan, Juri yang melakukan penilaian merupakan pakar yang membidangi perlombaan. Mereka mempunyai standar tersendiri untuk menilai kicauan burung yang dilombakan.

”Jurinya kami ambil dari Rajawali Indonesia. Juri ini merupakan level nasional dengan standar penilaian yang akurat. Mereka juga sering menilai perlombaan ke berbagai daerah,” papar Bujang.

Sedangkan ciri penilaian pemenang dalam perlombaan ini menggunakan bendera di antaranya, bendera warna merah untuk juara 1 dengan skor 100, biru juara 2 skor 75, hijau juara 3 skor 50, dan kuning juara 4 skor 25.

“Skor ini ketentuan nasional. Kriteria burung yang menjadi juara diambil dari penilaian bunyi, variasi, durasi, dan volume,” ungkapnya. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial