PEMDA PASAMAN PERINGATI HARGANAS KE-XXVI TAHUN 2019 SEKALIGUS LAUNCHING GERAKAN KEMBALI KE MEJA MAKAN

PEMDA PASAMAN PERINGATI HARGANAS KE-XXVI TAHUN 2019 SEKALIGUS LAUNCHING GERAKAN KEMBALI KE MEJA MAKAN

Lubuk Sikaping, PASAMANKAB.GO.ID --- Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman melalui Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan yang dibidangi MAIYARNI LUBIS. S. Ag pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) dibawah pimpinan Desrizal. SKM. M. Kes selenggarakan Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-XXVI sekaligus Launching Gerakan Kembali Ke Meja Makan Tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2019.

Penyelenggaraan HARGANAS itu diselenggarakan pada saat apel gabungan yang dihadiri sekaligus dipimpin oleh Bupati H. Yusuf Lubis. SH. M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak, Staf Ahli/Asisten, kepala-kepala OPD dilingkungan pemda Pasaman, Ketua GOW Kabupaten Pasaman Ny. Mira Atos Pratama, Ketua DWP Kabupaten Pasaman Ny Masrida Pohan Mara Ondak, Koordinator Lapangan beserta seluruh PLKB di Kabupaten Pasaman, serta seluruh ASN Kabupaten Pasaman di Pelataran Kantor Bupati Pasaman, Senin (01/07/2019).

Pada kesempatan yang sangat berbahagia itu, Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. M. Si dalam pidatonya menyampaikan, “Program Kependudukan dan Keluarga Berencana serta Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kabupaten Pasaman secara kuantitas dan kualitas cukup menggembirakan”. Paparnya.

Dan bahkan Bupati juga menyampaikan, “secara kualitas penggunaan alat kontrasepsi sudah banyak yang menyukai Metode Jangka Panjang untuk mengatur jarak kelahiran.

Secara kuantitas yang memakai alat kontrasepsi Metode Jangka Panjang dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Tahun 2017 sebanyak 9.474 dan di tahun 2018 sebanyak 9.914.

Dan paling menggembirakan kegiatan-kegiatan dalam upaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga terus berkembang di masyarakat. Keberhasilan tersebut tentu berkat komitmen yang kuat para pemangku kepentingan.

Dengan adanya kerjasama antar lintas sektoral dalam kegiatan mensejahterakan keluarga yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan masyarakat yang merupakan perwujudan dari visi dan misi Kabupaten Pasaman. Tegasnya sambil tersenyum pada seluruh peserta apel yang berhadir.

Bupati H. Yusuf Lubis pada kesempatan itu juga menyampaikan 8 (delapan) fungsi keluarga;

  1. Fungsi Agama
  2. Fungsi Cinta Kasih
  3. Fungsi Perlindungan
  4. Fungsi Ekonomi
  5. Fungsi Pendidikan
  6. Fungsi Reproduksi
  7. Fungsi Sosial Budaya
  8. Fungsi Lingkungan

Dalam penyampaian Bupati pada pagi itu lebih mendominasi lagi pada 4 (empat) pendekatan ketahan keluarga.

  1. Keluarga berkumpul
  2. Keluarga berintegrasi
  3. Keluarga berdaya
  4. Keluarga peduli dan berbagi.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Launching “Gerakan Kembali ke Meja Makan”, dan Gerakan tidak melihat Media Sosial dan Televisi pada jam 18.00 – 21.00, atau Gerakan 1821”.

Maksud dari penyampaian Bupati ini adalah, “mulai jam 6 sore sampai jam 9 malam anggota keluarga secara bersama-sama melakukan aktivitas yang mengarah pada nuansa kebersamaan, misalnya; “bagi yang muslim menjalankan shalat, mengaji, dilanjutkan makan malam, belajar atau berdiskusi antar anggota keluarga yang diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga yang akan mewujudkan terciptanya ketahanan keluarga.

Ba’da menyampaikan arahan itu Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. M.Si membuka selubung baliho bertuliskan “GERAKAN KEMEJA MAKAN TINGKAT KABUPATEN PASAMAN”, dan mengamanatkan pada Ketua GOW Kabupaten Pasaman Ny. Mira Atos Pratama dan Ketua DWP Kabupaten Pasaman Ny. Masrida Pohan Mara Ondak untuk melepas BALON KEBAHAGIAAN sebagai bukti keseriusan dalam perayaan HARGANAR tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2019 ini. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial