SAMBUTAN BUPATI PASAMAN H. YUSUF LUBIS SAAT PARIPURNA ISTIMEWA III DPRD PASAMAN TENTANG HUT PASAMAN KE-73

SAMBUTAN BUPATI PASAMAN H. YUSUF LUBIS SAAT PARIPURNA ISTIMEWA III DPRD PASAMAN TENTANG HUT PASAMAN KE-73

KOMINFO, Pasaman --- Bupati Kabupaten Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, MSi, dalam sambutannya saat itu menyampaikan pidato tentang HUT Pasama ke-73, dimana pada hari ini tepatnya 8 oktober 2018 genap sudah Kabupaten Pasaman yang senantiasa yang kita cintai ini berusia 73 tahun. Dalam kurun waktu 73 tahun ini, kita telah melewati berbagai dinamika kehidupan, dengan berbagai tantangan, hambatan prestasi, keberhasilan, serta pasang surut kehidupan masyarakat, dalam upaya menuju suatu cita-cita bersama, yaitu mencapai kesejahteraan masyarakat hakiki.

Dari pantauan jurnalistik Kominfo Pasaman, Rapat Paripurna Istimewa III DPRD Pasaman itu turut hadir Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama, Gubernur Sumatera Barat yang di Wakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Dapil IV Pasaman/Pasaman Barat, Mantan Bupati Pasaman, H. Baharuddin R, H. Benny Utama, SH, MM, FORKOPIMDA PASAMAN bersama istri, Bupati/Wali Kota Se Sumatera Barat atau yang mewakili, Bupati/Wali Kota Daerah Tetangga, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, Pimpinan dan anggota DPRD Pasaman beserta istri, Ketua Harian Persatuan Perantau Pasaman Raya Jabodetabek H. Halim Nasution, Hasbullah Nasution, Tokoh dan Sesepuh Pasaman beserta istri, Para tokoh masyarakat Perantau yang hadir dari berbagai daerah, Ninik Mamak Nan Gadang Basa Batuah, Alim Ulama/Cerdik Pandai/Bundo Kanduang Se- Kabupaten Pasaman, Sekretaris Daerah Pasaman H.M. Saleh, Sekretaris Dewan Mukhrizal.SH, Staf Ahli, Kepala OPD Se-Kabupaten Pasaman, Asisten, Kepala Bagian di lingkungan Pemda Kabupaten Pasaman, Kepala Instansi Vertikal, BUMD, BUMN, Kabupaten Pasaman, Camat Se-Pasaman, Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman, Ketua Orpol/Ormas, LSM, Profesi/Pemuda dan Wanita, Wartawan media cetak, Elektronik, dan online dari berbagai mas media, serta undangan lainnya, di Aula Utama DPRD Kabupaten Pasaman, pada senin (08/10/2018).

Memperingati ulang tahun Kabupaten Pasaman pada hakekatnya adalah merupakan momentum yang dapat di jadikan untuk mengevaluasi perjalanan dan perkembangan dari keberadaan Kabupaten Pasaman ini dalam mewujudkan tujuan dibentuk atau didirikannya Kabupaten Pasaman.

Melalui evaluasi yang kita laksanakan secara bersama, kita akan dapat mengetahui dan melihat serta memahami keberhasilan apa yang telah mampu kita raih dan kendala-kendala atau kelemahan apa yang masih kita temui dalam mewujudkan kehidupan kabupaten Pasaman yang semakin baik dan sejahtera.

Terhadap keberhasilan yang telah mampu kita raih akan kita pertahankan dalam tingkatan, sedangkan terhadap kendala atau masaalah yang kita temui akan kita upayakan untuk mengatasi dan memperbaikinya.

Oleh karena itu sebagai bagian dari bentuk evaluasi yang kita laksanakan sebut Bupati Pasaman, pada kesempatan itu, “izinkanlah kami menyampaikan berbagai informasi secara umum, tentang berbagai hal, terutama yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang telah kita laksanakan dan kita peroleh selama 2 tahun 7 bukan 21 hari kepemimpinan kami bersama Bapak Atos Pratama. Papar Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH. MSi.

Sebagaimana di ketahui bersama dalam kepemimpinan kami untuk tahunh 2016-2021 Pemerintah Kabupaten Pasaman memiliki visi; “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pasaman Yang Sejahtera, agamis, dan Berbudaya.”

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka dirumuskan 6 misi Kabupaten Pasaman yaitu;

  1. Meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan serta pemahaman dan pengamalan ajaran agama;
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan pendidikan, kesehatan, Sumber Daya Manusia, dan penanggulangan kemiskinan.
  3. Meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat yang berdaya saing dan mengoptimalkan pemanfaatan potensi Sumber Daya Alam serta pengembangan Pariwisata yang berwawasan Lingkungan;
  4. Mewujudkan peningkatan dan pemerataan pembangunan inprastruktur yang berkelanjutan serta penanganan bencana yang terpadu dan berkualitas;
  5. Menyelenggarakan Pemerintahan yang baik, bersih dan terpercaya;
  6. Mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah serta membangun karakter masyarakat.

Dalam mewujudkan visi dan misi tersebut berbagai program dan kegiatan direncanakan, laksanakan, baik untuk jangka waktu tahunan maupun lima tahunan yang semuanya bermuara untuk terwujudnya masyarakat Pasaman yang sejahtera, agamis, dan berbudaya. Papar Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH,MSi.

Bahkan pada waktu itu juga ia mengatakan, sungguhpun dengan berbagai keterbatasan, namun Alhamdulillah berkat ikhtiar kita bersama, antara jajaran Pemerintah Daerah, DPRD, Dunia Usaha serta para tokoh dan seluruh unsur masyarakat, maka Kabupaten Pasaman telah berhasil, memperoleh berbagai prestasi yang sangat membanggakan, baik di tingkat Provinsi Sumatera Barat, Maupun di tingkat Nasional, antara lain;

  1. Penghargaan dari Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia untuk percepatan cakupan Pemberian Akta Kelahiran Anak Kategori PRATAMA tahun 2017
  2. Penghargaan dari Menteri Kesehatan atas kepedulian Pemerintah Daerah menerapkan Perda tentang Kawasan bebas Asap Rokok.
  3. Dalam hal kinerja Keuangan Daerah, Pemerintah Kabupaten Pasaman memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam hal pertanggungjawaban keuangan Daerah dari BPK RI selama 5 tahun berturut-turut.
  4. Kinerja sangat tinggi atas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah berdasarkan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) tahun 2017 oleh Pemerintah Pusat.

Prestasi dan penghargaan yang disampaikan oleh Bupati H. Yusuf Lubis pada kesempatan itu tentu sejalan dengan peningkatan capaian keberhasilan pembangunan Kabupaten Pasaman antara lain berdasarkan indikator makro dan mikro paparnya;

Pertama, Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pasaman berdasarkan perhitungan oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2017 mencapai 5,09% meningkan bila dibandingkan tahun 2016 yang hanya sebanyak 5,06%.

Tentunya ini patut kita syukuri kata Bupati H. Yusuf Lubis pada kesempatan itu, bahwa Kabupaten Pasaman masih memperoleh trend pertumbuhan ekonomi yang positif dari tahun-ketahun.

Meningkatnya kinerja pembangunan ekonomi ini, salah satunya disebabkan oleh kondisi sosial, politik dan keamanan yang lebih stabil dan terjaga di Kabupaten Pasaman. Jelasnya lagi.

Kedua, Melalui berbagai program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan yang telah diupayakan oleh Pemerintah Daerah, telah terjadi penurunan angka kemiskinan dari 7,65% tahun 2016 menjadi 7,41% pada tahun 2017.

Ketiga, Indek Pembangunan Manusia (IPM) juga memiliki trend kenaikan, yaitu dari 64,57 pada tahun 2016 menjadi 64,94 pada tahun 2017.

Keempat, Pada sektor inprastruktur sarana dan prasarana, baik pemerintah maupun umum, juga terus kita tingkatkan ketersediaan dan kualitasnya, terutama sarana dan prasarana daerah, yang akan mendukung pelaksanaan pelayanan, pendidikan, kesehatan, trasportasi, permukiman, dan lain-lain.

Salah satu contoh yaitu; Pada tahun 2017, panjang jalan Kabupaten yang berkondisi baik meningkat menjadi 52,87% daripada tahun 2016 sebesar 50,49%, dan luas daerah irigasi yang berkondisi baik juga meningkat dari luas 61,57% pada tahun 2016 menjadi 62,72% pada tahun 2017.

Sehingga pada tahun 2017 Pasaman surplus beras sebanyak 93 ribu ton dan surplus jagung sebanyak 78 ribu ton, disamping surplus ikan air tawar sebanyak 50 ribu ton.

Dibidang Kesehatan, pada tahun 2017 Pasaman telah membangun Rumah Sakit Pratama yang akan dapat meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan kepada masyarakat.prestasi yang diperoleh oleh Kabupaten Pasaman baik dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi, serta capaian keberhasilan pembangunan tersebut, tentunya adalah berkat kerja keras, dan kerjasama dari seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, dan didukung oleh masyarakat, dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Pasaman tahun 2016 – 2021.

Pada kesempatan itu Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis mengucapkan trimakasih kepada semua pihak, dan selanjutnya mengharapkan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, untuk ikut bersama membangun Kabupaten Pasaman yang kita cintai sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

Melalui momentum peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman saat ini, maka seyogyanya juga kita tidak larut dengan prestasi maupun keberhasilan pembangunan sementara yang telah kita capai.

Namun yang paling penting untuk kita sadari bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang perlu diselesaikan untuk dapat mencapai target pembangunan sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD yang telah kita tetapkan. Papar Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis juga memaparkan sekilas tantangan yang sedang dihadapi dalam membangun Pasaman diantaranya; penurunan alokasi transper Dana Alokasi Umum dari Pemerintah Pusat untuk APBD Kabupaten Pasaman, sehingga menuntut daerah melakukan efisiensi dari berbagai bidang dan merasionalisasikan kegiatan prioritas yang perlu dilaksanakan tahun 2018 ini. Sebut Bupati Pasaman.

Dalam sambutan itu juga Bupati H. Yusuf Lubis memaparkan; “mayoritas penduduk Pasaman terdiri dari 3 (tiga) etnis besar, yaitu Suku Minang, Suku Mandailing, dan Suku Jawa.

Dari segala aspek, ketiga suku tersebut tidak ada perbedaan, semuanya sama-sama rukun, kompak, peduli antara satu dengan yang lainnya. Dan bahkan ia juga mengatakan bahwa masyarakat Kabupaten Pasaman merupakan “satu badunsanak” Saiyo, Sakato, demi Pasaman Saiyo Sakato.

Dalam memperingati HUT Pasaman ke-73 ini diangkat tema, “Kita galang Persatuan dan Kesatuan Demi Terwujudnya Masyarakat Pasaman Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya.”

Bupati Pasaman juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Pasaman untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, memanfaatkan seluruh potensi sumber daya yang dimiliki, untuk melakukan yang terbaik bagi Pasaman yang dicintai.

Khusus kepada jajaran seluruh SKPD dan ASN Pemerintah Kabupaten Pasaman sampai ke Nagari, Bupati menghimbau agar menjadikan momentum hari jadi Kabupaten Pasaman ke-73 ini untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Terakhir sekali Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis mengucapkan terimakasih, atas seluruh dukungan serta kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak, terutama Kepada Gubernur Sumatera Barat, atas segala etensinya yang sangat besar kepada Kabupaten Pasaman, baik dalam hal masukan dan ide serta pemikiran yang disampaikan, maupun dalam rangka mendukung pembiayaan, dan sinkronisasi program pembangunan, antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pasaman.

Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Bupati Pasaman kepada Masyarakat Kabupaten Pasaman secara umum terkhusus Halim Nasution (Ketua Harian Persatuan Perantau Pasaman Raya, Jabodetabek) atas kehadirannya, sekaligus dapat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman yang kita cintai, sebut Bupati H. Yusuf Lubis.”

Pada kesempatan itu, perwakilan Gubernur Sumatera Barat yang di Wakili Kesbangpol Sumbar dan Ketua Harian Persatuan Perantau Pasaman Raya Jabodetabek atas kehadiran dan sekaligus memberikan sambutan dalam peringatakan HUT Pasaman ke-73 ini. Tegasnya. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial