SAMBUTAN NY. MIRA ATOS PRATAMA “PENUH PENGHARAPAN TERBAIK,” BUAT DASAWISMA PASAMAN

SAMBUTAN NY. MIRA ATOS PRATAMA “PENUH PENGHARAPAN TERBAIK,” BUAT DASAWISMA PASAMAN Sambutan Ketua Kelompok Dasawisma Pasaman Ny Mira Atos Pratama dalam acara Pencanangan Bulan Bakhti Dasawisma 2019.

KOMINFO, Pasaman --- Ketua Kelompok Dasawisma Kabupaten Pasaman Ny Mira Atos Pratama dalam rangka acara Pencanangan Bulan Bakhti Dasawisma 2019 menyampaikan sambutannya,”Kelompok Dasawisma merupakan motor penggerak dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK untuk mewujudkan keluarga-keluarga yang sehat dan sejahtera, lahir dan bathin.

Namun kenyataannya, dilapangan menunjukkan bahwa masih adanya kelompok Dasawisma yang belum terbentuk dan belum dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagaimana yang diharapkan. Keluh Ketua Kelompok Dasawisma Pasaman ini saat menyampaikan sambutannya.

Dari pantauan Jurnalis Kominfo Pasaman, tampak berhadir Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis.SH.MSi, didampingi FORKOPIMDA Pasaman, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala-kepala OPD se Pasaman, Bank Nagari dan BRI, Camat se Pasaman, Wali Nagari Se Pasaman, serta diliput oleh berbagai media baik online, cetak, elektronik, di Pelataran Kantor Bupati Pasaman, Rabu (06/03/2019)

Sehubungan dengan hal tersebut, maka untuk meningkatkan prakarsa, kemauan dan kemampuan para kader PKK khususnya dikelompok Dasawisma, perlu adanya pembinaan, bimbingan dan arahan yang seksama, terpadu terkendali dan berkesinambungan oleh Tim Penggerak PKK secara berjenjang.

Untuk itu, perlu melakukan terobosan dan upaya-upaya agar kelompok Dasawisma dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat melalui kegiatan 10 Program Pokok PKK, setiap bulan maret dicanangkan pelaksanaan bulan bakhti kelompok Dasawisma yang dimulai tahun 2017 yang lalu. Dan hari ini merupakan Pencanangan yang ke-III. Jelasnya

Pada kesempatan itu juga Ketua Kelompok Dasawisma Pasaman menyampaikan perencanaan-perencanaan;

  1. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Sekretaris dengan kegiatan pembentukan Dasawisma baru dan mengaktifkan Dasawisma yang sedang fasif.
  • Mengaktifkan Dasawisma yang fasif sekitar 2%
  • Meng SK kan seluruh Dasawisma
  • Melengkapi buku administrasi Dasawisma
  • Mendorong Kecamatan membentuk 1 (satu) Dasawisma percontohan kelompok Dasawisma.
  1. Secara serentak melaksanakan kegiatan yang difasilitasi oleh Pokja I yaitu; Kegiatan yang berhubungan dengan pembinaan mental dan pembinaan pola asuh anak serta pembinaan keluarga.

Dengan harapannya atas kegiatan ini papar Ny Mira Atos Pratama, supaya anak-anak terhindar dari narkoba, pornografi.

Pada kegiatan Pokja I perlu kita lebih serius lagi, mengingat maraknya persoalan-persoalan narkoba dan fornokrafi diberbagai daerah dan tidak terkecuali juga didaerah kita Kabupaten Pasaman.

Bahkan pada kesempatan itu Ny Mira Atos Pratama menggambarkan kondisi beberapa kasus dari pengamatannya selama ini, diantaranya; “dipicu oleh pengaruh lingkungan dan juga perhatian, persoalan keluarga merupakan pemicu terhadap anak-anak remaja melakukan penyimpangan-penyimpangan. Paparnya dengan penuh perhatian secara mendalam.

Selanjutnya Ketua Kelompok Dasawisma Kabupaten Pasaman itu juga menyampaikan, “pendataan UP2K merupakan kegiatan yang serentak dilaksanakan dalam rangka pemberdayaan ekonomi keluarga yang difasilitasi Pokja II. Paparnya kembali

Seterusnya Ny Mira Atos Pratama juga memaparkan, kegiatan yang difasilitasi oleh Pokja III yaitu, “Pengembangan dan pemantapan hatinya PKK disetiap rumah warga kelompok Dasawisma dan sosialisasi pembuatan dan pengolahan limbah dan pembuatan pupuk organik sekaligus mengajak masyarakat gemar makan ikan.

Dengan penuh rasa syukurnya kepada Allah Swt, Ny Mira Atos Pratama menyampaikan, “pada saat pencanangan itu Pokja III menampilkan tanaman hidro ponik dan pestisida nabati, serta pupuk organik cair.

Sedangkan Pokja IV memfasilitasi dan pelayanan IVA Test, yang merupakan kegiatan nasional sedang dilaksanakan secara menyeluruh di Indonesia.

Pada saat ini Pokja IV melakukan;

  1. MoU konsumsi tablet tambah darah untuk remaja putri antara;
  • Dinas Kesehatan dengan Dinas Pendidikan
  • Dinas Pendidikan dengan PKK
  1. Kompanye konsumsi tambah darah kepada remaja putri yang diwakili Pengurus Forum Anak Pasaman, untuk disebar luaskan kepada remaja putri lainnya/Forum Anak Kecamatan se Kabupaten Pasaman. Terangnya

Diakhir sambutan Ketua Kelompok Dasawisma Kabupaten Pasaman ini menyampaikan harapannya kepada Ketua TP PKK Kecamatan dan Nagari untuk melaksanakan yang dimaksud bekerjasama dengan OPD terkait dilapangan, dan tentunya tidak terlepas dari dukungan moril maupun materil dari Ketua Pembina yaitu Camat dan Wali Nagari. Pintanya.

Dan dengan penuh keramahan dan budaya santunnya, tidak lupa Ny Mira Atos Pratama menyampaikan, ucapan trimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan Pencanangan Bulan Bakhti Dasawisma itu.

Sebagai laporan atas kegiatan itu, Ny Mira Atos Pratama memaparkan dinamika panitia pelaksana yaitu Pokja II jemput dan angkat meja, Pokja III sampai malam, dan Kepada Bank Nagari dan BRI ia juga mengucapkan trimakasihnya atas fartisifasinya dalam pengadaan seragam serta doorprize bantuan dan kerjasamanya.

Kepada Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH.MSi diucapkan trimakasih sekaligus dimohonkannya agar dapat membuka acara tersebut. Pintanya penuh hormat.

Berbagai kegiatan terpadu dalam mengiringi Pencanangan Bulan Bakhti Dasawisma tahun 2019 itu, termasuk acara paling istimewanya menampilkan tahfizh Qur’an oleh anak-anak hafizh/hafizah Pasaman yang sangat menyentuh dan memukau, Penampilan Yel-yel dari berbagai kontingen PKK Kecamatan se Pasaman, Peninjauan/Penilaian UP2K PKK, Pameran tanaman Hidro Ponik, Pestisida Nabati, dan Pupuk Organik Cair, serta berbagai kegiatan lainnya.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH.MSi dalam sambutannya mengatakan, “PKK sebagai mitra pemerintah, mempunyai peran yang sangat strategis dalam membantu pelaksanaan setiap program pemerintah khususnya bidang penigkatan kesejahteraan keluarga, ketahanan keluarga, dan pengentasan kemiskinan, serta pemberdayaan masyarakat.

Terwujudnya masyarakat yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya, Visi dan Misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman yang tertuang dalam RPJMD 2016 – 2021, dengan Program Pokok PKK itu sangat membantu Pemerintah Daerah. Paparnya.

“Untuk itu gerakan PKK di Kabupaten Pasaman sangat perlu kita dukung. Kita fasilitasi, dan terus kita tingkatkan, papar Bupati Yusuf Lubis. Sambil membuka acara tersebut dengan menyebut Asma Allah.”

Selama kegiatan berlangsung, situasi dan kondisi cukup meriah, lagi kondusif. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial