Sosialisasi Menuju Pensiun Bahagia

Sosialisasi Menuju Pensiun Bahagia

KOMINFO, Pasaman --- Dalam rangka persiapan Purnabhakti Pegawai Negeri Sipil calon pensiunan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman PT Bank Mandiri Taspen Padang dan PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Bukittinggi adakan Sosialisasi Ketaspenan Produk Perbankan dan Kewirausahaan ‘MENUJU PENSIUN BAHAGIA”.

Bupati Pasaman yang diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Djoko Rifanto, S. Sos, M. Si membacakan sambutan Bupati Pasaman dihadapan 139 (seratus tiga puluh sembilan) orang peserta persiapan Purnabhakti Pegawai Negeri Sipil calon pensiunan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, para Asisten, Kepala-kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman, Narasumber dari PT Bank Mandiri Taspen Padang dan PT. TASPEN (PERSERO) Cabang Bukittinggi, serta para peserta sosialisasi di Aula Lantai III Kantor Bupati Pasaman, Rabu (26/02/2020).

Selanjutnya Bupati Pasaman mengatakan, “Setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan menghadapi masa pensiun yang biasa terjadi didalam berorganisasi.

Bagi para pegawai yang terbiasa dengan bekerja dan memiliki jabatan/wewenang dalam suatu organisasi, bisa jadi akan sedikit “kaget” mengalami perubahan sikap atau kejiwaan yang cenderung muncul ketika seseorang yang terbiasa bekerja sebelumnya. Akhirnya bukan tidak mungkin dalam memasuki masa-masa persiapan pensiun semangat kerja akan menurun.

Sosialisasi ini dilaksanakan dengan materi yang akan disampaikan yaitu bagaimana cara mempersiapkan dan menjaga kesiapan mental, kesehatan fisik, dan kesehatan finansial dimasa pensiun.

Kepada peserta sosialisasi arahan Bupati, “agar dapat memberikan inspirasi menciptakan peluang kewirausahaan untuk mengisi waktu luang dan sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Masa pensiun merupakan masa bahagia yang harus dinikmati, yang tidak bisa dihindari oleh setiap pegawai.

Karenanya jangan jadikan masa pensiun ini sebagai momok yang menakutkan. Melainkan harus kita sambut dengan hati yang senang dan gembira. Karena, kita lebih bebas mengisi hidup yang selama ini terlewati dengan tugas pekerjaan kedinasan.

Dengan diadakannya sosialisasi itu, Bupati Pasaman berharap dapat memberikan bekal kepada para PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman yang akan mendekati usia purna tugas.

Untuk itu tentunya para peserta sosialisasi akan diberikan dan dibekali berbagai pengetahuan, kemampuan untuk mengisi hari tua agar tetap produktif dan masih memiliki semangat yang tinggi.

Dan pada kesempatan itu Bupati sampaikan harapannya kepada para peserta dapat mengikuti sosialisasi itu dengan baik dan aktif serta mampu memberikan inspirasi dan gambaran untuk merencanakan masa pensiun untuk mempersiapkan PNS memasuki masa pensiun agar mampu menyesuaikan diri dan menerima perubahan lingkungan, mempunyai alternatif untuk melakukan aktivitas yang positif.

Selama menjalankan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara yang mengemban amanah untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, dalam waktu yang tidak sedikit, bahkan ada yang telah mengabdi selama 25 tahun, 30 tahun, dan bahkan mungkin ada memasuki masa 35 tahun masa tugas.

Pengabdian yang telah diberikan selama ini bukan hal yang sebentar dan tentu saja telah memberikan manfaat dan arti yang sangat besar bagi Pemerintah Kabupaten Pasaman khususnya dan masyarakat Kabupaten Pasaman pada umumnya.

Sejak memulai mengabdi CPNS sampai dengan saat akan memasuki masa pensiun, pemerintah telah mempersiapkan sebuah meklanisme penyiapan hari tua bagi ASN melalui program iuran tabungan pensiun yang dikelola PT. TASPEN.

Pada saatnya nanti yaitu pada saat memasuki usia pensiun, maka ASN akan menerima hasil dari tabungan pensiunan yang telah dikumpulkan selama ini melalui beberapa tahapan dan system pembayaran yang ditetapkan oleh PT. TASPEN selaku pengelola dana pensiun.

Oleh karena itu, ASN yang akan memasuki batas usia pensiun diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik terutama dalam hal financial harus direncanakan dengan baik dan dikelola dengan tepat sasaran.

Dengan membantu ASN yang akan memasuki usia pensiun, Bank Mandiri TASPEN berinisiatif untuk mensosialisasikan layanan yang akan diberikan kepada persiapan Purnabhakti PNS calon pensiunan dalam mengelola dana pensiun yang akan diterima nantinya.

Untuk kesekian kalinya Bupati memaparkan harapannya kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti sosialisasi itu dengan baik dan aktif serta mampu memberikan inspirasi dan gambaran untuk merencanakan masa pensiun untuk mepersiapkan PNS memasuki masa pensiun agar mampu menyesuaikan diri dan menerima perubahan lingkungan, mempunyai alternatif untuk melakukan aktivitas yang positif.

Sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Bupati mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan pada hari ini.

Di akhir sambutan Bupati Pasaman membuka acara sosialisasi itu dengan membacakan Basmallah.

Kepala BKPSDM Kabupaten Pasaman Anasrullah, SH, MH dalam laporan kegiatannya menyampaikan bahwa; Tujuan dilaksanakannya Sosialisasi Pembekalan, masa Purnabhakti Pegawai Negeri Sipil calon pensiunan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman adalah;

  1. Memotivasi dan memberikan pencerahan serta kesiapan dalam memasuki masa purnabhakti.
  2. Memberikan bekal kemampuan dan keterampilan dalam kewirausahaan dan produktivitas yang sehat.
  3. Memberikan informasi yang terkait Pengelolaan dana pensiun.

Sosialisasi Pembekalan Masa Purnabakti Kepada Pegawai Negeri Sipil Calon Pensiunan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman diselenggarakan pada hari rabu tanggal 26 februari 2020 M/02 Rajab 1441 H pukul 08:30 wib sampai selesai.

Sedangkan peserta yang mengikuti sosialisasi ini berjumlah 139 (seratus tiga puluh sembilan) orang (calon pension maret 2020 sampai dengan maret 2021).

Dan bertindak sebagai narasumber berasal dari PT. Bank Mandiri Taspen Padang dan PT. Taspen (persero) Cabang Bukittinggi, sedangkan BKPSDM Kabupaten Pasaman bertindak sebagai pelaksana kegiatan. (TIM)

Bagikan ke Jejaring Sosial