Tim I Safari Ramadhan 1440 H Pemda Pasaman Mengakhiri Kunjungannya Di Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti

Tim I Safari Ramadhan 1440 H Pemda Pasaman Mengakhiri Kunjungannya Di Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti Bupati Pasaman yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Asari. M.Pd sedang menyampaikan sambutan dalam kunjungan Tim I Safari Ramadhan 1440 H di Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Panti.

Panti, PASAMANKAB.GO.ID --- Kunjungan terakhir Tim I Safari Ramadhan 1440 H Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman mengunjungi Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti Kecamatan Panti.

Tim I Safari Ramadhan 1440 H Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman dipimpin Bupati H. Yusuf Lubis. SH. MSi yang di wakili oleh Ketua Tim I Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman Drs. H. Asari. M. Pd mengunjungi Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti Kecamatan Panti bersama rombongan.

Tampak hadir dalam rombongan tim itu Ketua Tim I Safari Ramadhan Pemda Pasaman yang diwakili Drs. H. Asari. M.Pd, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasaman Mulyatmin. Ch. MM, Sekretaris Dinas PUTR, Kepala Dinas Kesehatan Amda Risman SKM. SH. M. Kes, perwakilan RSUD Lubuk Sikaping, Sekretaris KesbangPol, Kabag Kesra Setda Pasaman Edi Erman. S.Ag. MA, Perwakilan Kabag Humas Setda Pasaman, Perwakilan Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping yang diwakili ROMI ILYAS, Camat Panti Aswar. Nst. SH bersama sejumlah Wali Nagari dan tokoh masyarakat dilingkungan Kecamatan Panti, tanpa terkecuali Wali Nagari Panti Yeprialdi. SP, Rabu (15/05/2019).

Bupati Pasaman yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Asari. M. Pd dalam sambutannya pada saat silaturrahim di Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti Kecamatan Panti, menyampaikan, “Selama Tim I Safari Ramadhan tahun 1440 H dari Pemda Pasaman baru sambutan Nagari Panti yang paling luar biasa dan paling eksklusiv”, sekaligus ia memaparkan sambutannya, “Landasan pembangunan Kabupaten Pasaman berdasarkan visi dan misi Pemerintah Daerah”, secara berangsur-angsur telah tampak jelas sekali sekarang, salah satunya adalah pembangunan Kabupaten Pasaman dalam bingkai ke agamaan itu sangat jelas sekali daripada sebelumnya”. Katanya

Selanjutnya Bupati juga mengatakan, “pembangunan dalam bidang keagamaan itu merupakan wadah utama dan citra pembangunan Pasaman yang agamis, seperti telah diberlakukannya siswa/siswi hafizh/hafizah Qur’an dalam berbagai tingkatan dalam pendidikan, bahkan di persiapkan sematang mungkin agar pendidikan yang berbasis qur’ani pada setiap sekolah dengan ditandai adanya pelatihan-pelatihan tenaga pendidik hafizh/hafizah qur’an.

Demikian juga oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pasaman yang sangat mengapresiasi visi dan misi Pemerintah Daerah itu dengan melahirkan produk BAZNAS berupa Pasaman cerdas dan produk lainnya, sehingga tidak sedikit penghafizh qur’an terlahir di ranah Pasaman. Paparnya kembali.

Bahkan pemerintah daerah juga sedang mempersiapkan akan berdirinya Islamic Center di Kabupaten Pasaman, dengan harapan atas kelahiran Islamic Center tersebut merupakan wadah untuk menunjang visi dan misi yang telah ditentukan.

Dalam pembangunan perekonomian mewujudkan kesejahteraan masyarakat Pasaman, pemerintah telah banyak melakukan upaya-upaya terobosan baik dalam pembangunan perekonomian melalui pembangunan inprastruktur, penyuluhan pertanian, peternakan, perikanan, dan lain sebagainya.

Dan tidak lupa Bupati menyampaikan di antara pembangunan mewujudkan kesejahteraan itu Pemerintah telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga bila ada masyarakat ingin berobat pakai BPJS geratis.

Dalam pidato sambutan saat kunjungan safari ramadhan itu Bupati Pasaman juga menyampaikan berbagai himbauan-himbauan pada masyarakat Pasaman, secara khusus masyarakat Tanjung Aro II Nagari Bahagia Padang Galugua, dimana selepas PEMILU 17 April 2019 yang telah berlalu sangat diharapkan kepada masyarakat untuk kembali akur sebagaimana biasanya dan menjaga ketertiban, kedamaian, keharmonisan diantara masyarakat itu sendiri sehingga tidak tercipta konplik yang mengakibatkan kerugian pada masyarakat sendiri.

Himbauan lain, Bupati Pasaman pada saat itu agar dapat menjaga ketertiban, keamanan selama bulan suci ramadhan ini, dan melarang adanya warung-warung kelambu, petasan, dan juga mainan bagi anak-anak berupa tembak-tembak.

Setelah sambutannya Bupati Pasaman yang diwakili oleh Drs. H. Asari. M. Pd menyerahkan bantuan pembangunan untuk Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti Kecamatan Panti

Rp 10 juta, dan 2 gulung tikar/karpet shalat buat Masjid Nurul Yaqin Air Terbit yang dikunjungi itu, dan diiringi dengan pemberian paket Ramadhan dari Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping yang diterima langsung oleh salah seorang perwakilan PANITIA PEMBANGUNAN Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti.

Sebelumnya Wali Nagari Panti Yeprialdi. SP telah menyampaikan sambutannya saat menjelang dan sesuadah berbuka puasa bersama di Aula Kantor Nagari tentang pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Nagari Panti termasuk dalam penghimpunan/pengumpulan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) diwilayah Nagari Panti, sekaligus ucapan selamat datang Wali Nagari Panti terhadap rombongan Tim I Safari Ramadhan dari Pemda Pasaman di Nagari Panti.

Pada waktu yang sangat singkat itu, Wali Nagari Panti Yeprialdi. SP menyampaikan visi dan misi Nagari Panti adalah, “Mewujudkan Nagari Panti Mandiri, Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya”.

Dan Wali Nagari juga mengatakan, “sangat bangga dan bahagia atas kunjungan Tim I Safari Ramadhan di Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti Kecamatan Panti.

Camat Kecamatan Panti Aswar. Nst. SH dalam kesempatan itu menyampaikan sambutannya sekaligus menanggapi sambutan Wali Nagari Panti tentang pemungutan PBB di wilayah Pemerintahan Nagari Panti seraya berkata, “kita sangat menyadari bahwa dalam setiap tahunnya pemungutan pajak itu di daerah kita ini belum pernah mencapai 100%, namun perlu kita sadari bersama inilah dana pembangunan kita. Papar camat waktu berbuka puasa itu.

Selanjutnya Camat Panti Aswar. SH menghimbau masyarakat Kecamatan Panti untuk cinta pembangunan dan sadar pajak. Sebutnya lagi.

Salah seorang tokoh masyarakat Air Terbit Nagari Panti menyampaikan ucapan trimaksih buat Pemerintah Daerah Pasaman dan Bank Nagari Cabang Lubuk Sikaping, Camat Panti, Wali Nagari Panti bersama rombongan yang telah sudi mengunjungi Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti Kecamatan Panti itu pada ramadhan tahun ini dan bahkan ia juga menyampaikan secara langsung bahwa selama ini Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti Kecamatan Panti itu tidak pernah dapat kunjungan dari Pemda Pasaman, dan bahkan baru pertama sekali, paparnya singkat.

Disela-sela sambutannya itu tokoh masyarakat itu menyampaikan kirim salam Buat Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. MSi seraya mereka berkata, “masyarakat Air Terbit Nagari Panti sangat merindukan Yusuf Lubis hadir bersama masyarakat di Masjid Nurul Yaqin Air Terbit Nagari Panti Kecamatan Panti, dan memperkenalkan pada rombongan bahwa masyarakat Air Terbit Nagari Panti memiliki gedung pondok qur’an siap dioperasionalkan, akan tetapi terkendala dalam pendanaan operasional sebutnya.

Di akhir acara Safari Ramadhan itu Uztad Drs. Dahlan Lubis. MA menyampaikan Tauziyah Ramadhan yang bertemakan “Hikmah membaca, mendalami, dan mengamalkan Al-Qur’an” dan ditutup dengan pembacaan do’a yang diakhiri dengan shalat tarwih dan witir berjamaah. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial