Wabup H. Atos Pratama. ST Pimpin Upacara Penghormatan Di Makam Pahlawan Syuhada Bhakti Lubuk Sikaping

 Wabup H. Atos Pratama. ST Pimpin Upacara Penghormatan Di Makam Pahlawan Syuhada Bhakti Lubuk Sikaping

KOMINFO, Pasaman --- Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama. ST memimpin secara langsung Prosesi Upacara Hari Pahlawan 10 November untuk memberikan penghormatan di Makam Pahlawan Syuhada Bhakti Lubuk Sikaping.

Pantauan Jurnalis Kominfo Pasaman, Upacara penghormatan tersebut, nampak hadir Forkopimda Pasaman, Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak, Para Staf Ahli Bupati Pasaman, Para Asisten Kepala-kepala OPD, Sejumlah Personil Polri dari Polres Pasaman dan TNI dari Kodim 0305 Pasaman, Regu dari Pramuka, serta undangan lainnya di Makam Pahlawan Pasaman Lubuk Sikaping, Ahad (10/11/2019).

Sebelumnya saat Upacara diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Pasaman menyebutkan, “Untuk itu kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kita juga,” ungkap Wabup H. Atos Pratama

“Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara dapat diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya,” Wabup, saat upacara penghormatan di makam tersebut.

Upacara kehormatan dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan Syuhada Bhakti Lubuk Sikaping tersebut, merupakan upacara rutin setiap tahun setelah melaksanakan upacara bendera memperingati hari Pahlawan, yang dilaksanakan pemerintah pusat hingga di daerah termasuk di Kabupaten Pasaman.

Usai upacara di makam Pahlawan itu, Wabup H. Atos Pratama. ST bersama Forkopimda Pasaman, Sekda Drs. H. Mara Ondak, serta Kepala-kepala OPD melakukan “tabur bunga” di pusara para pahlawan daerah itu.

Dalam upacara ini, Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama. ST bertindak sebagai Inspektur Upacara Ziarah 10 November 2019 ini.

Saat itu, seluruh peserta upacara yang berada di Makam Pahlawan Syuhada Bhakti Lubuk Sikaping tengah melakukan penghormatan terhadap arwah pahlawan dan mengenang pertempuran 10 November di Surabaya.

Usai mengenang pertempuran 10 November, Wabup H. Atos Pratama memimpin seluruh peserta melakukan prosesi mengheningkan cipta.

Selanjutnya, Wabup H. Atos Pratama melakukan prosesi peletakkan karangan bunga di depan monumen yang ada di makam pahlawan Lubuk Sikaping.

Kemudian, salah seorang dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Mukhsinin MH membacakan doa, dilanjutkan penghormatan terakhir arwah para pahlawan dan prosesi tabur bunga. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial